15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Tahu Gunting Atau Tahu Tek Khas Surabaya

Menu Internasional - Bagi anda yang doyan masakan Nusantara sangat disarankan untuk mencoba cita rasa dari tahu gunting. Memang ada masakan berjulukan tahu gunting? Tentu saja ada dan saya akan membagikan resep tahu gunting khas Surabaya untuk anda semua. Mengapa masakan tersebut dinamakan dengan sebutan tahu gunting? Sperti hal nya masakan tradisional yang lain, tahu gunting disebut demikian alasannya yaitu diambil dari sikap penjualnya yang biasanya menggunting tahu dengan cekatan. Maka dengan sikap unik penjualnya tersebut muncul nama tahu gunting untuk masakan tersebut. Mungkin kalau penjualnya mengiris tahu akan dinamakan tahu iris, atau mungkin kalau tahu dibanting akan disebut tahu banting. Untung sang penjual tidak pernah membanting barang dagangannya.

Namun tidak semua orang mengenal dengan sebutan tahu gunting, sebagian yang lain mengenal masakan khas Surabaya ini dengan sebutan tahu tek tek, ini juga diambil dari kebiasaan penjualnya yang memukulkan sutil beradu dengan penggorengan, sampai suara tek tek pun muncul dan menciptakan nama gres untuk menyebut tahu gunting yaitu tahu tek atau tahu tek tek. Membuat nama masakan yang sederhana sama hal nya dengan cara menciptakan tahu gunting itu sendiri, sangat gampang dan sangat sederhana. Kaprikornus bagi anda yang kebetulan gundah untuk menciptakan masakan yang tidak mengenyangkan, buat aja tahu gunting, alasannya yaitu gampang dan dijamin enak. Jika anda ingin olahan tahu yang tak kalah lezat dan sederhana silahkan simak resep tahu gejrot khas Cirebon.

Untuk menggambarkan bagaimana wujud dari tahu gunting sanggup melihat klarifikasi berikut. Tahu gunting yaitu masakan berupa tahu goreng setengah matang atau matang yang digunting kecil-kecil, kemudian ditambahkan lontong yang juga digunting, kemudian ditambah dengan kentang goreng dan sedikit tauge. Setelah isi sudah siap, masakan tersebut kemudian disiram dengan saus bumbu atau sanggup juga memakai bumbu petis. Makanan ini tidak saja populer di Surabaya, namun sudah tersebar luas terutama diberbagai kota besar di Indonesia. Maka tak heran kalau ada beberapa nama kawasan yang melekat pada nama tahu gunting. Sebut saja tahu gunting Samarinda dan tahu gunting Medang, alasannya yaitu di kawasan ini juga populer dengan masakan tersebut.

 Bagi anda yang doyan masakan Nusantara sangat disarankan untuk mencoba cita rasa dari tah Resep Tahu Gunting atau Tahu Tek Khas Surabaya

Nah sekarang sudah saatnya anda berguru sendiri menciptakan masakan nikmat tersebut di rumah. Sangat dianjurkan untuk anda yang gres berguru memasak, alasannya yaitu selain bahan-bahan yang dipakai cukup gampang di dapat, proses menciptakan tahu gunting juga sangat gampang dan sangat sederhana. Kaprikornus segera saja anda simak resep tahu gunting berikut, siapkan semua materi dan peralatan memasak dan ikuti langkah-langkah yang saya tuliskan dalam resep. Semoga tahu gunting yang anda buat menghasilkan cita rasa yang nikmat dan sedap. Berikut resepnya untuk anda.

Bahan-bahan :
  • 6 buah ketupat/lontong (potong-potong)
  • 500 gram tahu putih (potong kecil-kecil)
  • 150 gram tauge (rendam ke dalam air panas dan tiriskan)
  • 3 tangkai dau seledri (rajang halus)
  • Kerupuk sagu/kerupuk udang secukupnya 

Bumbu petis :
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 4 siung bawang putih (tumis sampai layu)
  • 1 sendok makan kacang tanah (digoreng)
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan petis udang
  • 1 sendok teh cuka
  • 50 ml air matang

Cara membuatnya :
  1. goreng tahu sampai setengah matang atau matang (sesuai selera)
  2. Membuat bumbu petis : ulek atau haluskan cabe rawit merah, kacang tanah goreng dan bawang putih yang sudah di tumis layu. Kemudian campurkan bumbu petis, kecap manis, air dan cuka, kemudian aduk-aduk sampai rata.
  3. Siapkan mangkuk saji, masukkan potongan ketupat/lontong, tambahkan tahu goreng dan tauge, siram dengan saus bumbu petis, kemudian taburi dengan rajangan daun seledri dan beri kerupuk sagu atau kerupuk udang.
  4. Tahu gunting buatan anda siap disajikan.

Nah sangat gampang bukan? Meskipun anda tidak memakai gunting namun begitulah inti menciptakan tahu guntik atau tahu tek tek. Resep ini saya buat lebih sederhana, anda tidak perlu beratraksi memamerkan keahlian menggunting tahu. Namun kalau anda berniat supaya seolah-olah dengan para penjual tahu gunting, goreng dahulu tahunya, gres digunting ketika mau disajikan. Kaprikornus tahu gunting lebih afdol alasannya yaitu anda memakai gunting untuk memotongnya. Resep di atas sanggup dinikmati oleh 4 orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.