15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Martabak Telur Istimewa Gampang Dan Praktis

Menu Internasional - Martabak merupakan makanan yang terbuat dari materi telur yang dilipat. Dari arti katanya sendiri martabak berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai melipat atau terlipat. Nah dengan pengantar tersebut maka kali ini aku juga akan membagikan resep martabak telur Istimewa yang lebih mudah dari resep martabak yang sebelumnya. Memang tidak salah jikalau melihat martabak secara fisik ialah makanan yang berupa dadar telur diisi dengan aneka macam macam materi isian kemudian dilipat. Makanan yang juga sangat terkenal di Indonesia ini sebetulnya sudah lebih dahulu terkenal di wilayah Timur Tengah. Martabak sudah sangat lazim dikenal di Arab Saudi, Yaman dan negara-negara tetangga Indonesia yaitu Brunei dan Malaysia. Masing-masing tempat mempunyai ciri khas tersendiri untuk menciptakan martabak menyesuaikan dengan kebudayaan lokal yang ada.

Di Indonesia sendiri kita mengenal ada dua jenis martabak yang sudah sangat terkenal di masyarakat, yaitu martabak asin yang biasanya terbuat dari telur dengan materi isian daging atau sayuran, ada juga martabak anggun atau banyak orang juga menyebutnya dengan nama camilan anggun terperinci bulan. Martabak asin di Indonesia lebih terkenal dengan nama martabak telur. Jika dilihat dari jenisnya kedua martabak ini sangat berbeda baik dari bahannya mauun dari asal-usulnya. Banyak sekali yang menuliskan bahwa martabak asin atau yang lebih dikenal dengan martabak telur ialah makanan yang disesuaikan dari India, ada juga yang menyebuitkan dari asal katanya berasal dari Timur Tengah. Sedangkat martabak anggun atau camilan anggun terperinci bulang lebih terkenal berasal dari Bangka yang di bawa oleh warga keturuan Tionghoa. Anda juga dapat melihat resep martabak telur Istimewa part 1 yang sudah pernh aku buat sebelumnya ntuk perbandingan dengan resep yang kedua ini.

Berdasarkan sejarahnya aku akan mencoba menjabarkan asal-usul dari martabak telur, alasannya kali ini aku akan membagikan resep martabak telur. Martabak telur yang kini dikenal luas di Indonesia di duga terpengaruh oleh budaya masakan India. Bermula pada tahun 1930, seorang cowok berjulukan Ahmad dari Tegal, Jawa Tengah merantau ke Semarang untuk berdagang. Singkat dongeng cowok ini bertemu dengan Abdullah asal India yang kemudian menjadi sahabatnya. Abdullah ternyata mempunyai keahlian menciptakan masakan dari campuran tepung yang dikenalkan denan nama martabak. Dari persahabatan ini kemudian Abdullah diperkenalkan dengan adik wanita Ahmad yang kemudian diperistri sahabatnya itu. Dengan keahliannya menciptakan martabak banyak tetangga dan sobat ahmad yang minta diajari menciptakan martabak yang sudah dimodifikasi sesuai budaya masakan setempat. Alhasil martabak di Indonesia dikenal dengan martabak yang berisi sayuran. Dari tetangga yang pernah berguru menciptakan martabak kemudian mulai menyebar dan dikenal martabak telur yang ada sekarang.

 Martabak merupakan makanan yang terbuat dari materi telur yang dilipat Resep Martabak Telur Spesial Mudah dan Praktis

Nah dari sejarahnya anda dapat tahu bahwa martabak intinya ialah makanan yang bukan orisinil Indonesia, hanya saja alasannya masyarakat kita pada waktu itu suka mengkonsumsi sayur martabak yang dibentuk kesudahannya mengikuti budaya Jawa dengan mmebuat martabak telur beri sayur. Seiring dengan berjalannya waktu, kini martabak telur kembali diisi dengan daging namun yang diisi dengan sayur juga masih sangat terkenal hingga sekarang. Oh iya sekedar info yang mungkin dapat dikoreksi, untuk membedakan martabak telur Istimewa atau bukan anda dapat melihat dari telur yag digunakan. Yang Istimewa kantanya memakai materi telur bebek, sedangkan yang biasa memakai telur ayam.

Nah bagi anda yang tertarik untuk menciptakan martabak untuk lauk atau untuk sekedar menemani ngobrol atau dapat juga untuk hidangan berbuka puasa, dapat membuatnya sendiri di rumah. Resep yang akan aku bagikan kali ini sengaja aku buat lebih prasktis biar anda yang mengikuti resep aku dapat menciptakan dengan hasil yang baik. Nah untuk itu mari kita simak resep martabak telur Istimewa berikut ini. 

Bahan-bahan :
  • 4 butir telur angsa (dikocok lepas)
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok makan margarine (untuk menumis)
  • 150 gram daging sapi (dicincang kasar)
  • 50 ml air
  • 1 buah wortel (rajang dadu kecil)
  • 5 buah jamur merang (potong dadu kecil)
  • 2 batang daun bawang (rajang tipis)
  • 1/2 butir bawang bombay (rajang tipis melintang)
  • 20 gram kacang polong (direbus)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh abu merica
  • 12 lembar kulit lumpia
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Panaskan margarin, kemudian tumis bawang putih hingga aroma harum keluar, kemudian masukkan daging cincang, dan berilah air. Aduk-aduk hingga daging cincang matang. Selanjutnya tambahkan wortel, jamur merang, daun bawang, kacang polong, dan bawang bombay hingga layu, kemudian angkat.
  2. Masukkan telur kocok dan daun bawang, kemudian tambahkan garam dan abu merica, masak hingga matang kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian isilah dengan dua sendok makan campuran tumisan daging atau materi isian. Lipat kulit lumpia tersebut menyerupai melipat amplop hingga materi isian tertutup, kemudian goreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga warna berubah kuning agak kecoklatan. Jika dirasa cukup segera angkat dan tiriskan.
  4. Martabak telur Istimewa kini siap disajikan selagi hangat dengan cabe atau saus sambal sebagai cocolan.

Nah sudah jadi kan, praktis, gampang dan sangat sederhana sekali membuatnya. Dengan materi yang disiapkan di atas anda dapat menciptakan martabak telur untuk empat orang. Selamat mencoba dan jangan berhenti berkreasi.