15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Anggun Lalampa Khas Manado

Menu Internasional - Anda tahu nama masakan ringan cantik yang dibungkus daun pisang, terbuat dari ketan, isinya abon atau serundeng? Orang Jawa selalu menyebutnya dengan nama masakan ringan cantik lemper. Namun berbeda jikalau kita menyebutnya di kota Manado. Penasaran? Nah masakan ringan cantik tersebut akan kami berikan pada resep masakan ringan cantik lalampa khas Manado. Ya itulah sebutan masakan ringan cantik lemper di Manado. Beda nama meskipun menyerupai beda juga materi isiannya. Jika di Jawa biasa lemper disi dengan abon atau serundeng, di Manado masakan ringan cantik lalampa ini diisi dengan ikan tongkol yang dimasak sedemikian rupa. Unik nya orang Manado menjalar pada budaya masakan tradisional nya juga. Kue lalampa memang unik terutama dari rasanya. Perpaduan antara ketan dan ikan tongkol atau ikan cakalang sangat mendominasi rasa dari masakan ringan cantik tradisional ini. Kenikmatan dari masakan ringan cantik atau masakan tradisional Manado sudah banyak yang go internasional.

Makin ingin tau kan dengan masakan ringan cantik tradisional lalampa khas Manado ini. Manado memang kaya akan masakan tradisional yang unik sekaligus mengatakan rasa yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Lihat juga resep bubur tinutuan untuk resep khas Manado yang lain. Jika kita samakan dengan di Jawa kita dapat menyamakan dengan Bandung yang dianggap surganya masakan tradisional. Nah menyerupai di jelaskan di atas bahwasannya masakan ringan cantik lalampa ini menyerupai dengan masakan ringan cantik lemper, namun beda isinya. Yang membuatnya berbeda lagi ialah masakan ringan cantik lalampa ini sebagai proses kesudahannya ialah di bakar, tidak hanya dikukus menyerupai layaknya lemper di Jawa. Dengan dibakar tentu saja akan mengatakan aroma yang lebih tajam dari daun pisang pembungkusnya. Dengan aroma yang mantap akan semakin mengundang orang untuk menikmatinya.

Untuk menghilangkan rasa ingin tau anda yang akan masakan ringan cantik lalampa, anda tidak perlu jauh-jauh ke Manado. Boleh juga sih asalkan anda punya uang untuk kesana. Namun jikalau keterbatasan dana membatasi anda kami akan memnuhi rasa ingin tau anda dengan resep lalampa yang berikut ini.

 Anda tahu nama masakan ringan cantik yang dibungkus daun pisang Resep Cara Membuat Kue Lalampa Khas Manado

Bahan-bahan :
  • 1 liter beras ketan
  • 750 ml santan (dibuat dari 1/2 butir kelapa)
  • 1 ekor ikan tongkol ukuran sedang (dibakar dan ambil dagingnya saja)
  • 5 buah cabe merah besar (rajang halus)
  • 8 butir bawang merah (rajang halus)
  • 2 siung bawang putih (rajang halus)
  • 1 jempol lengkuas/laos (diparut)
  • 1 jempol jahe (diparut)
  • 2 tangkai daun bawang (rajang halus)
  • 2 lembar daun pandan (buat ikatan simpul)
  • 2 ikat daun kemangi (ambil daunnya saja)
  • 1 batang serai (ambil yang warna putih saja)
  • 350 ml santan kental (dibuat dari 1/2 butir kelapa)
  • 1 sendok teh garam
  • Penyedap rasa (hanya jikalau suka)
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Cara membuatnya :
  1. Cucilah beras ketan hingga bersih, kemudian rendam di air hingga dua jam. Kemudian kukus beras ketan bersama santan hingga matang, kemudian sisihkan.
  2. Membuat isi : campurkan ikan tongkol bersama dengan irisan cabe merah, cabe hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun pandan, daun bawang, daun kemangi, serai serta santan kental. Masak adonan materi isian tersebut hingga  santan meresap habis, kemudian angkat.
  3. Ambil ketan secukupnya, kemudian kepas-kepal dan isi dengan materi isian tadi. Bungkus memakai daun pisang menyerupai membungkus masakan ringan cantik lemper. Lakukan hingga materi habis, kemudian bakar diatas bara api hingga daun kering, kemudian segera angkat.

Bahannya tidak mengecewakan banyak, namun membuatnya sangat gampang dan sederhana. Semua materi yang telah disiapkan pada resep ini dapat menciptakan masakan ringan cantik lalampa sebanyak 20 buah. Sudah siap? Selamat mencoba dan tetap berkreasi.