15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Lopis Ketan Sederhana Cantik Dan Legit

Menu Internasional - Ingat nama camilan bagus dari beras ketan, berbentuk segitiga, disajikan dengan taburan kelapa dan saus gula merah? Jika tidak ingat maka kami akan memperlihatkan resep camilan bagus lopis atau di tempat Betawi biasa disebut camilan bagus lupis. Ya camilan bagus segitiga itu berjulukan camilan bagus lopis atau lupis, sangat unik baik dari bentuk maupun penyajiannya. Namun kini bentuk camilan bagus lopis ternyata bervariasi, bahkan ada juga yang dibuat menyerupai lontong, mungkin lebih praktis. Dulu sewaktu masih kecil camilan bagus ini merupakan jajanan favorit aku selain pisang goreng, dan cenil. Setiap kali pulang pasar biasanya buah tangan yang dibawa ibu yakni camilan bagus lopis ini. Sampai kini mungkin masih ada yang menjual camilan bagus lopis. Coba besok aku akan ke pasar tradisional di kampung aku untuk berburu camilan bagus tradisional kalau masih ada.

Memang sudah cukup usang di tempat aku tinggal menemukan kue tradisional yang dulu semasa kecil sering jadi jajanan nikmat buah tangan ibu. Namun tentu saja kita tetap berharap camilan bagus ini masih belum dapat digeser oleh masakan instan yang kini marak menjadi jajanan anak jaman sekarang. Sebagai jajanan pasar camilan bagus lopis sangat baik terutama bagi kesehatan kalau dibanding dengan masakan jaman sekarang. Kue lopis dibuat tanpa materi pengawet sehingga tidak dapat bertahan lama. Paling usang sehari sudah bau dan tidak dapat dimakan. Oleh alasannya yakni itu camilan bagus lopis tidak mengandung materi kimia berbahaya. 

Kini tinggal bagaimana kita menyikapi masakan apa yang baik untuk kita dan masakan apa yang harus dihindari. Selain itu sebagai orang yang hidup dan tinggal di Indonesia sudah selayaknya kita gembira bahwa kita masih mewarisi masakan tradisional dan masih dapat menikmati masakan sehat. Jika dari kini anda sudah tidak peduli lagi dengan masakan tradisional siapa lagi yang akan mempertahankannya. Nah untuk itu kami akan memperlihatkan resep camilan bagus lopis nikmat yang dapat anda simak berikut ini.

 disajikan dengan taburan kelapa dan saus gula merah Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit

Bahan-bahan :
  • 500 gram beras ketan putih
  • 1 1/2 sendok makan larutan air kapur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 butir kelapa muda (parut dan beri sedikit garam)
  • 500 ml larutan gula merah (saus gula)
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus lopis)

Cara membuatnya :
  1. Cuci dahulu beras ketan sampai bersih, kemudian di rendam selama 15 menit, kemudian tiriskan. Selanjutnya tambahkan larutan air kapur dan aduk-aduk sampai rata, dan beri garam.
  2. Bungkus beras ketan memakai daun pisang menyerupai membungkus lontong (atau dibungkus dengan bentuk kerucut/segitiga menyerupai aslinya). Lalu sematkan lidi di ujung daun untuk mengunci bungkusan.
  3. Rebus camilan bagus lopis yang sudah dibungkus sampai matang, angkat dan tiriskan dulu. 
  4. Sajikan camilan bagus lopis yang sudah matang dengan ditaburi parutan kelapa dan tuangi dengan saus gula merah.

Catatan : membungkus camilan bagus lopis dengan bentuk menyerupai lontong lebih mudah kalau dibungkus satu persatu berbentuk segitiga. Untuk bentuk dari camilan bagus lapis semua sesuai dengan selera masing-masing.

Nah resep camilan bagus lopis sudah jadi, kini saatnya anda menciptakan camilan bagus lopis sendiri di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.