15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Tips Bagaimana Menghilangkan Bacin Tanah Pada Ikan Sungai Tawar


Teman-teman Neti Recipes
Ikan merupakan materi makanan yang mengandung protein yang tinggi serta rendah lemak, menimbulkan ikan sebagai santapan favorit masyarakat Indonesia.

Dan tentunya olahan ikan yang enak untuk disantap juga terletak pada kesejukan materi baku yakni pemilihan ikan yang segar.

Apalagi dengan kekayaan perairan maritim indonesia yang luas, menimbulkan ikan tidaklah sulit di temukan di pasar-pasar tradisional yang ada.

Namun selain ikan maritim yang kaya protein, terdapat ikan sungai tawar yang juga menjadi pilihan untuk di konsumsi.

Tetapi perlu di ketahui, ada beberapa jenis ikan sungai tawar yang mempunyai anyir tanah lumpur, sehingga tidak jarang menciptakan kita kurang berselera saat menyantapnya.

Ikan sungai tawar yang kerap berbau tanah lumpur ialah ikan lele, ikan gurame, ikan mujair, ikan patin, ikan mas serta ikan bandeng sungai.

Bau tanah lumpur tersebut di sebabkan oleh senyawa kimia geosmin yang biasanya di hasilkan oleh alga hijau biru dan kuman Actinomyus yang berada di dalam kawasan penangkaran ikan tersebut.

Tetapi jangan khawatir dan jangan lantas mengalah untuk mengolah si ikan sungai tawar yang juga mempunyai kandungan protin ini.

Yuk kita simak beberapa tips Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Sungai Tawar.


Tiru Cara Restoran Yuuk

Membersihkan atau Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Sungai Tawar pertama sekali sanggup memakai cara berikut sebelum kita lanjut dengan tips yang ada.

Sebaiknya belilah ikan sungai tawar yang masih hidup, kemudian taruh di dalam wadah yang berisi air bersih.

Biarkan semalaman, barulah keesokan harinya ikan di bersihkan sebelum di olah.

Buang sisik, jeroan dan isi perut ikan. Cuci higienis dengan air yang mengalir, dan kerat tubuh ikan menjadi beberapa bagian.





Tips Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Sungai Tawar


1. Menggunakan Garam

Setelah ikan di bersihkan, lumuri semua penggalan tubuh ikan dengan garam. Hanya 1 sendok teh untuk 1 kilogram ikan, jadi jangan terlalu banyak ya!

Lumuri dengan merata hingga ke penggalan perutnya, kemudian simpan di kulkas semoga garam sanggup meresap.

Setelah di simpan selama kurang lebih 1 jam atau seharian di dalam kulkas, saat akan di olah. Cuci kembali ikan dengan air yang mengalir hingga higienis dari garam yang sudah di lumuri ke ikan sebelumnya.

Barulah kemudian ikan sanggup di olah ibarat biasa.


2. Menggunakan Cuka Makan

Rendam tubuh ikan memakai cuka makan, jeruk nipis,lemon atau asam kandis yang kadarnya bersifat asam segar.

Cukup tuang 1 cangkir cuka ke penggalan ikan yang sudah di bersihkan, dan biarkan selama 15-30 menit.

Setelah itu basuh higienis kembali untuk menghilangkan rasa asam dari cuka.

Baru kemudian ikan sanggup di olah ibarat biasa.

3. Menggunakan Susu

Untuk cara yang ini mungkin terdengar absurd bagi teman-teman yang sangat jarang menemukan cara ini untuk merendam ikan yang berbau tanah lumpur

Tetapi cara ini ternyata cukup efektif di gunakan semoga ikan tidak berbau tanah lumpur lagi.

Dan kelebihannya ialah juga sanggup menambah rasa gurih dan lembut pada daging ikan yang di olah.

Caranya ialah cukup dengan merendam ikan ke dalam susu, tutup dengan plastik wrap kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin selama 1 jam.

Kemudian barulah olah ikan ibarat biasa.


4. Menggunakan Rempah-Rempah

Ada beberapa jenis rempah-rempah yang sanggup di gunakan untuk merendam ikan semoga mengurangi anyir tanah lumpurnya.

Tetapi sebelumnya tentu saja rempah-rempah tersebut harus di haluskan terlebih dahulu sebelum di pakai untuk merendam ikan.

Rempah-rempah dengan aroma yang berpengaruh yang biasa di gunakan yaitu serai, daun jeruk, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan kencur.

Haluskan rempah-rempah tersebut kemudian pakailah untuk merendam ikan, diamkan selama kurang lebih 30 menit gres kemudian ikan sanggup di olah ibarat biasa.


Teknik Kerat Atau Menyayat Ikan

Hal ini gotong royong sangat perlu di lakukan mengingat semoga materi rendaman yang sudah di sebutkan di atas sanggup berfungsi menyerap dengan baik ke tubuh ikan.

Caranya gampang sekali kok...
Setelah ikan di bersihkan dan di buang isi perutnya. Buatlah kerat atau sayatan dari penggalan belakang kepala hingga ke belakang ekor mengikuti garis tulang untuk ikan gurame, mas, dan ikan mujair.


Sedangkan untuk ikan lele, patin atau bandeng sungai. Kerat atau sayat melintang di penggalan tubuh ikan dengan beberapa sayatan, barulah kemudian berikan rendaman sesuai selera anda.


Nah, cukup gampang bukan tips Bagaimana Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Sungai Tawar.

Teman-teman tinggal praktekkan saja di rumah ya...
So, Enjoy Your Cooking Mom ^_^