15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Wingko Tebang Khas Semarang Paling Mantap #2

Menu Internasional - Anda pecinta jajanan orisinil khas Nusantara? Pasti tau donk jajanan khas Semarang yang nikmat dan tahan usang untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Wingko tebang yaitu solusi dari kegalauan anda. Namu kalau anda hingga lupa membelinya bagaimana? Jangan khawatir, kami akan memperlihatkan resep wingko tebang khas Semarang bagi anda yang lupa membeli buah tangan khas Semarang ini. Lagian sudah jauh-jauh hingga Semarang ternyata lupa membawa buah tangan itu akan menciptakan orang yang menanti buah tangan tersebut menjadi sedih. Namun beda ceritanya kalau anda dapat membuatnya sendiri dirumah, dapat jadi resep yang anda coba ternyata lebih nikmat dari yang aslinya.

Berbicara wacana camilan manis tradisional yang berjulukan wingko ini, sangat sulit memisahan anatara wingko dan kota Semarang. Jika mengngat wingko niscaya ingat akan kota semarang, jadi bagi anda warga Semarang yang kebetulan sedang jauh dari kampung halaman dan kangen makanan tradisional yang satu ini, jangan sedih, toh anda dapat menciptakan sendiri koq wingko tebang yang nikmatnya sama dengan yang ada di kota Semarang. Namun tidak semua dari anda suka rasa dari camilan manis wingko ini, anda dapat mencoba resep yang lain menyerupai lumpia goreng khas Semarang misalnya.

Makanan atau jajanan khas Nusantara memang selalu unik, wingko tebang sendiri misalnya, hanya terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan banyak ditemukan sehari-hari ternyata dapat menjadi camilan manis tradisional yang sangat melegenda dan banyak sekali penggemarnya. Sehingga wingko tebang menjadi salah satu makanan tradisional khas Nusantara yang dinobatkan sebagai buah tangan khas Semarang. Dengan kata lain, anda belum dianggap hingga di kota Semarang kalau belum merasakan camilan manis wingko tersebut. Untuk melihat resep wingko tebang yang lain dapat anda lihat di Resep Wingko Babat Semarang #1.

 Anda pecinta jajanan orisinil khas Nusantara Resep Wingko Babat Khas Semarang Paling Mantap #2

Nah sekarang sebagai orang Nusantara orisinil yang menyayangi budaya masakan Nusantara, anda wajib setidaknya tau makanan tradisional orisinil khas Nusantara dari aneka macam daerah. Jika mungkin ada baiknya kalau anda dapat membuatnya sendiri di rumah, sekaligus ikut membantu melestarikan budaya masakan Nusantara asli. Untuk itu bagi anda yang sudah siapkan bahan-bahan segera saja anda coba resep wingko tebang yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 300 gram tepung ketan
  • 75 gram tepung kanji
  • 400 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir kelapa (yang masih agak muda), kupas dan parut memanjang
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 175 ml santan kental
  • 1 butir kuning telur kocok (untuk materi olesan)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan menjadi satu tepung ketan, gula pasir dan tepung kanji, kemudian campurkan adonan tepung tersebut dengan kuning telur. Remas-remas bahan-baha tersebut hingga tercampur rata, kemudian tambahkan kelapa parut dan vanili kemudian aduk-aduk hingga rata kembali.
  2. Tuangkan santan bertahap sambil tetap diaduk. Selanjutnya masukan adonan tersebut ke dalam loyang persegi berukuran 20x20cm, yang sudah diolesi dengan minyak goreng.
  3. Panggang aonan yang sudah berada dalam loyang memakai panggangan hingga harum dan matang, kemudian keluarkan wingko dari dalam oven. Olesi wingko memakai kuning telur kocok, kemudian panggang lagi selama kira-kira tujuh menit, kemudian segera angkat. Iris-iris wingko tebang kalau sudah hambar dan wingko siap dinikmati.

Tips : untuk menghasilkan warna yang bagus, anda dapat mengulangi pengolesan telur hingga beberapa kali.

Sudah jadi dan sudah siap dinikmati, sangat gampang dan begitu sederhana sekali bukan? Nah camilan manis wingko yang dihasilkan dari resep diatas dapat mencapai 16 potong kue. Penasaran ingin menciptakan sendiri di rumah? Selamat mencoba dan tetap berkreasi.