15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Masakan Ringan Cantik Putu Tegal Pisang Raja Istimewa

Menu Internasional - Bermacam-macam makanan ringan anggun tradisional menjadi favorit makanan ringan bagi para pecinta masakan Nusantara. Namun ada satu macam makanan ringan anggun tradisional yang mempunyai banyak variasi dan jenis di setiap daerah. Ingin tau nama makanan ringan anggun apa itu? Kami akan membagikan resep makanan ringan anggun putu tegal yang unik dan tentu saja nikmat. Bagi anda yag sudah banyak mengenal makanan ringan anggun  tradisional khas Nusantara tentu tau ada berapa banyak makanan ringan anggun putu yang ada atau pernah anda cicipi. Banyak sekali varian dari makanan ringan anggun putu ini yang setiap kuenya mempunyai ciri khas masing-masing mengikuti budaya lokal dimana makanan ringan anggun itu dibuat.

Putu tegal merupakan salah satu makanan ringan anggun tradisional khas Nusantara yang sampai dikala ini berdasarkan gosip sudah sangat langka atau sudah jarang ditemukan. Nah kue-kue semacam ini yang sebaiknya anda selamatkan dari kepunahan. Kue putu tegal berbeda dengan makanan ringan anggun putu yang lain, makanan ringan anggun ini biasanya ada suplemen pisang baik di dalam atau di atas makanan ringan anggun tersebut. Kue putu tegal juga kadang mempunyai perbedaan bentuk, menyesuaikan selera dari pembuatnya. Ada yang bundar dengan pisang di tengahnya seakan-akan dengan makanan ringan anggun mata bagong, ada yang kotak dengan pisang sebagai topping.

Beberapa varian dari makanan ringan anggun putu yang mungkin sudah anda kenal antara lain yaitu kue putu ayu, makanan ringan anggun putu mayang, dan ada juga makanan ringan anggun putu medan. Semua jenis makanan ringan anggun putu ini mempunyai citarasa berbeda dari masing-masing varian dan semuanya saya yakin mempunyai citarasa nikmat yang bisa menggugah selera. Nah Putu tegal berdasarkan kami yaitu makanan ringan anggun putu yang unik yang selain seudah cukup langka, tampilannya pun berbeda dengan makanan ringan anggun putu yang lain. Yang membuatnya berbeda yaitu adanya suplemen pisang yang membuatnya justru semakin menarik. Kue putu yang berbeda selanjutnya yaitu kue putu mayang khas Betawi. Kue tradisional ini mempunyai bentuk dan penyajian yang keren.

macam makanan ringan anggun tradisional menjadi favorit makanan ringan bagi para pecinta masakan Nusantara Resep Kue Putu Tegal Pisang Raja Istimewa

Nah bagi anda yang belum pernah atau ingin mencoba sepeti apa rasa dari makanan ringan anggun putu tegal ini, anda bisa segera mencobanya sendiri di rumah. Selain sebagai sarana mencar ilmu memasak, resep ini juga sekaligus untuk menjaga kelestarian dari makanan ringan anggun tradisional yang sudah sangat langka. Semoga resep ini membantu dan silahkan anda coba resep berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 200 ml air
  • 500 gram tepung ketan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh bubuk vanili
  • Pewarna makanan kuning
  • 6 buah pisang raja yang sudah matang (potong bundar agak tipis)
  • 1/2 butir kelapa (kupas dan parut)
  • 150 gram gula pasir

Cara membuatnya :
  1. Campurkan kapur sirih, air dan garam dalam satu wadah. Selanjutnya campurkan tepung ketan, bubuk vanili dan pewarna makanan kuning. Tuangkan larutan kapur sirih bertahap ke dalam gabungan tepung sambil di remas-remas sampai tercampur dengan rata.
  2. Siapkan loyang, kemudian olesi dengan memakai minyak goreng. Susunlah penggalan pisang di dalam loyang tersebut. Tuangkan adonan tepung yang sudah jadi sampai menutupi penggalan pisang. Susun lagi penggalan pisang di atas adonan, siram lagi dan lakukan sampai adonan habis. Lalu taburi dengan parutan kelapa dan gula pasir. Selanjutnya kukus adonan tersebt selama 30 menit sampai matang, kemudian angkat.

Tips : saat mengukus tutup kukusan memakai kain kasa, tujuannya biar adonan tidak rusak terkena tetesan air.

Nah sekarang anda sudah bisa mencoba resep makanan ringan anggun putu tegal di rumah. Sambil mencar ilmu memasak, sambil membantu melestarikan makanan ringan anggun tradisional Nusantara. Akhir kata kami ucapkan selamat mencoba dan tetap berkreasi.