15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Menciptakan Suwar-Suwir Khas Jember

Resep Suwar-Suwir Khas Jember – Jenang atau dodol merupakan makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal. Makanan ini ada di beberapa daerah, menyerupai Garut, Betawi, Jawa Tengah dan sebagainya. Dengan ciri khas yang melekat, yaitu rasa anggun serta legit yang menarik hati pengecap menciptakan para penikmatnya kian bertambah. Jadi, tidak heran kalau banyak orang yang berkunjung ke Garut hanya untuk merasakan buah tangan khasnya tersebut.

Akan tetapi, tidak hanya Garut dan beberapa kota lain saja yang mempunyai hidangan dodol. Jember juga punya! Apa itu? Kalau di Jember namanya bukan dodol, melainkan suwar-suwir. Sebenarnya kalau dilihat dari namanya, orang-orang akan menerka bahwa suwar-suwir ini ialah hidangan ayam goreng. Tapi, ternyata salah, alasannya ialah makanan ini sejenis dodol yang mempunyai rasa anggun dan legit yang sama. Kalau Anda ke Jember, jangan lupa untuk mencicipinya alasannya ialah banyak dijual di beberapa tempat. Dengan rasa yang nikmat, makanan ini dibentuk dari resep suwar-suwir khas Jember.
 Jenang atau dodol merupakan makanan khas Indonesia yang sudah cukup populer Resep Membuat Suwar-Suwir Khas Jember
Suwar-Suwir Khas Jember

Tapi, Anda juga dapat membuatnya di rumah dengan resep tersebut. Jika waktu liburan sudah datang dan Anda resah ingin memasak apa untuk kudapan anak-anak, silahkan membaca resep suwar-suwir khas Jember di bawah ini dan ikuti langkah yang ada. Tenang saja alasannya ialah cara membuatnya sangat sederhana. Anda sudah niscaya dapat mengikutinya dengan baik.

Bahan:
  • 1 ons tape masak
  • ¼ kg gula merah
  • 3 ons gula pasir
  • ½ kg tepung ketan
  • ½ ons tepung beras
  • 1 gelas santan kental
  • ¾ liter susu cair
  • 3 sendok teh garam
Cara Membuat:
  1. Langkah pertama untuk menciptakan suwar-suwir ialah menyiapkan semua bahannya dengan lengkap
  2. Kemudian Anda dapat mencampur semua bahan, menyerupai tepung ketan, tepung beras, tape masak dan juga garam hingga benar-benar rata. Sisihkan dulu
  3. Kalau sudah, siapkan susu cair, gula merah yang sudah dimasak dan juga disaring, dan gula pasir kemudian masukkan ke dalam gabungan tepung tadi.
  4. Aduk-aduk hingga rata hingga menjadi bubur. Kemudian tuangkan santan kental bertahap sembari tetap diaduk rata dan mengental. Angkat
  5. Siapkan cetakan atau loyang kemudian tuang adonan ke dalamnya. Dinginkan selama beberapa ketika kemudian potong-potong memanjang menyerupai dodol
  6. Sajikan di piring saji untuk segera dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Kupat Tahu Khas Semarang
Nah, Anda dapat juga membungkus suwar-suwir dalam plastik kecil menyerupai ketika Anda membungkus dodol. Rasanya akan jauh lebih nikmat dan dapat disantap disimpan dengan tahan lama. Selain itu, Anda harus memasaknya juga memakai resep suwar-suwir khas Jember biar kelezatan rasanya tercipta. Jangan lupa bagikan resep dan hasil hidangan Anda kepada tetangga dan teman-teman, ya! Salam koki!