15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Masakan Ringan Bagus Intip (Kue Lindre) Renyah Dan Gurih

Menu Internasional - Anda tau intip? Bukan ngintip (mengintip) ya, intip ini merupakan kerak nasi yang tersisa di dasar periuk atau panci dikala menanak nasi secara tradisional. Biasanya intip ini dimakan untuk sarapan (kalau aku dulu), atau hanya dibiarkan saja untuk kemudian dikasih makan untuk ayam. Ternyata intip bernilai irit tinggi lho. Resep makanan ringan bagus intip yang nanti akan kami bagikan bisa anda coba di rumah. Kue ini memang serasa sederhana alasannya ialah hanya terbuat dari sisa makanan yang umumnya hanya dibuang atau untuk makanan ternak unggas. Namun sekarang makanan ringan bagus intip telah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang yang kreatif.

Budaya masakan yang tidak terduga memang hasil dari daya kreativitas seseorang dalam memanfaatkan materi makanan yang dipunyainya. Bahkan dari makanan yang dianggap sisa seseorang bisa meraih keuntungan. Bahan makanan sisa di sini bukan berarti sisa makanan yang sudah basi, namun sisa-sisa memasak yang masih baik untuk dijadikan makanan lain. Kue intip ini sekarang banyak dijual sebagai buah tangan yang kebanyakan ada di kawasan Jawa Tengah. Memang serasa sederhana namun sensasi dikala menikmati intip goreng ini biasanya menciptakan kangen.

Jika dulu awalnya kita mengambil intip sebagai sisa menanak nasi, sekarang dikala intip menjadi barang komersiil sudah di produksi secara massal, artinya tidak harus menanak nasi dulu untuk mendapat intip. Proses nya sudah lebih cepat dan bisa menghasilkan banyak intip dalam waktu yang sebentar. Ukuran dari makanan ringan bagus intip juga bermacam-macam, ada yang kecil sampai yang sangat besar. Rasanya bisa di variasi menurut selera masing-masing. Jika mengingat makanan ringan bagus intip kita juga akan teringan dengan kue rengginang yang secara tampilan hampir sama.

 intip ini merupakan kerak nasi yang tersisa di dasar periuk atau panci dikala menanak nasi  Resep Cara Membuat Kue Intip (kue Lindre) Renyah dan Gurih

Nah untuk anda yang ingin menciptakan makanan ringan bagus intip atau makanan ringan bagus lindre, segera saja siapkan materi dan peralatan. Membuat makanan ringan bagus ini sangat gampang dan anda bisa pribadi mempraktekkan dengan mengikuti resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung beras (diayak)
  • 500 gram kelapa agak renta (diparut memanjang)
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml air hangat

Saus gula :
  • 250 gram gula merah
  • 200 ml air

Catatan : Gunakan wajan khusus untuk menciptakan linder/kue intip, wajan tidak untuk memasak masakan yang lainnya.

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung beras bersama dengan garam dan parutan kelapa, aduk-aduk adonan materi tersebut sampai rata. Kemudian beri sedikit air, sambil diaduk lagi sampai rata.
  2. Panaskan wajan tanah liat, olesi permukaan wajan memakai kemiri. Ambil satu sendok sayur adonan, kemudian tuangkan ke dalam wajan, ratakan melebar dan tipis. Masak sampai kering dan matang, kemudian angkat.
  3. Membuat saus gula merah : masak air dan gula merah sampai cairan air mengental, kemudian segera angkat.
  4. Siram makanan ringan bagus intip yang sudah digoreng tadi memakai saus gula merah.

Nah itu makanan ringan bagus intip nya sudah jadi dan siap dikonsumsi. Semua yang ada pada materi di atas bisa untuk dinikmati oleh lima orang. Anda sudah siap? Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.