15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Anggun Madu Mongso Khas Jawa Timur

resep lempok durian pada artikel yang lain

Uniknya rasa dari jajanan khas Jawa Timur ini tidak cukup untuk menggambarkan masakan ringan manis yang namanya madu mongso. Tampilannya yang sekilas sangat sederhana akan menjadi lebih elok dengan bungkus kertas minyak warna-warni. Bentuknya jikalau dibungkus dengan daun pisang akan ibarat dengan masakan ringan manis lemper bundar dan panjang, namun madu mongso tak kalah unik karene lebih berwarna. Tak heran jikalau kemudian masakan ringan manis yang unik dan nikmat ini menjadi buronan para pencari oleh-oleh. Hingga ketika ini masakan ringan manis madu mongso sudah tidak banyak ditemukan sehingga bagi anda yang tinggal di tempat lain boleh saja ikut melestarikannya.

Nah dengan uniknya masakan ringan manis yang kaya rasa ini, sekarang saatnya anda membuatnya di rumah. Kue ini dapat disajikan kapan saja baik untuk program rumahan maupun pertemuan-pertemuan non formal. Kaprikornus bagi anda yang tertarik sebaiknya anda ikuti resep masakan ringan manis madu mongso yang berikut ini.

 Jika anda penggemar masakan tradisional tentu saja mengenal masakan berjulukan dodol Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur

Bahan-bahan :
  • 750 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan (diikat simpul)
  • 800 gram tapai ketan hitam (tiriskan dari airnya)
  • 200 gram gula merah (disisir halus)
  • 350 gram daging buah durian (bisa diganti sesuai selera)
  • 1/2 butir kelapa (diparut)
  • Kertas minyak secukupnya (banyak warna lebih bagus)

Cara membuatnya :
  1. Masaklah santan, gula merah dan daun pandan sampai gula larut, kemudian masukkan tape ketan hitam, buah durian, dan parutan kelapa. Selanjutnya aduk-aduk adonan materi tersebut sampai santan meresap, kemudian angkat.
  2. Ambil satu sendok makan atau sesuai selera, taruh di atas kertas minyak, bungkus masakan ringan manis madu mongso ibarat membungkus permen, kemudian dinginkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa masakan ringan manis yang ada.

Nah sangat gampang kan menciptakan masakan ringan manis madu mongso yang nikmat itu. Silahkan anda mencoba resep tersebut di rumah, supaya anda berhasil dan rasanya sesuai selera anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.