15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Camilan Anggun Nagasari Loyang

 Kue Nagasari ini salah satu jajanan tradisional Indonesia Resep Kue Nagasari Loyang

Kue Nagasari ini salah satu jajanan tradisional Indonesia, teksturnya lembut alasannya ialah di buat dari tepung beras yang saya campur dengan sedikit tepung sagu.

Kue nagasari biasanya di balut dengan daun pisang kemudian di kukus, tetapi kalau kita kesulitan mendapat daun pisang. Bisa membuatnya dengan memakai loyang.

Caranya juga mudah, untuk masakan ringan anggun nagasari yang akan saya buat. Saya membuatnya perlapis biar isian pisang di dalamnya lebih banyak. Makara tuang 1 lapis campuran tepung beras dulu, sesudah cukup mengeras atau tidak cair lagi gres di tata bagian pisang di atasnya.

Saya memakai loyang bundar biasa diameter 20 cm, ada yang loyangnya tidak di olesi minyak. Tetapi saya tetap mengolesi sedikit minyak ke loyangnya alasannya ialah khawatir nantinya masakan ringan anggun lengket atau tidak sanggup di lepas.

Olesi minyaknya tipis saja, jangan terlalu banyak atau nanti bentuk kuenya malah menjadi rusak. Selain itu sanggup juga memakai loyang bongkar pasang ya...

Kue Nagasari

Penganan dari Tepung Beras

Untuk Kue Nagasari yang ini, saya membuatnya dari tepung beras yang di campur dengan sedikit tepung sagu.

Bisa memakai tepung tapioka, tetapi alasannya ialah saya tidak memiliki tepung tapioka maka saya gunakan materi yang sedang tersedia di rumah yaitu tepung sagu.

Untuk manisnya sanggup di sesuaikan dengan selera masing-masing, tetapi dengan resep yang satu ini rasanya sudah benar-benar pas ya..

Manisnya di sanggup dari pisang raja, serta campuran tepung berasnya rasanya gurih sedikit manis. Ketika di kukus baunya pun harum berasal dari pisang raja.
Baca Juga : Resep Kue Nagasari

Bahan-bahan Kue Nagasari Loyang :

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 900 ml santan kental
  • 130 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sisir pisang raja


 Kue Nagasari ini salah satu jajanan tradisional Indonesia Resep Kue Nagasari Loyang

 Kue Nagasari ini salah satu jajanan tradisional Indonesia Resep Kue Nagasari Loyang

Cara Membuat Kue Nagasari Loyang

  1. Potong pisang beberapa buah bentuk serong memanjang untuk bab atas kue

  2. Lalu sisanya di potong memanjang biasa untuk di jadikan isian masakan ringan anggun nagasari, sisihkan terlebih dahulu

  3. Campur tepung terigu dan tepung sagu, kemudian tuangkan santan kental bertahap sambil di aduk hingga merata

  4. Saring campuran biar halus dan tidak berbutir

  5. Setelah di saring, tambahkan gula pasir, garam dan vanili bubuk. Aduk hingga gula larut dan tercampur

  6. Panaskan kukusan hingga beruap, siapkan loyang ukuran 22 cm tinggi 7 cm, tata pisang untuk bab atas kue

  7. Setelah kukusan beruap, masukkan loyang yang sudah ada pisang dan kukus selama 3 menit saja. Setelah 3 menit, tuang perlahan beberapa sendok campuran atau lebih ke dalam loyang. Cukup hanya menutupi bab permukaan pisang dan kukus selama kurang lebih 7 menit

  8. Setelah 7 menit, buka pengukus dan tata beberapa pisang lagi untuk isian kue, tuang campuran lagi dan kukus selama 8 hingga 9 menit hingga permukaannya tidak cair lagi

  9. Lakukan langkah ke 7 secara berulang hingga campuran habis

  10. Untuk lapisan terakhir, tuang beberapa sendok campuran hingga menutupi seluruh permukaan pisang kemudian kukus selama 30 menit hingga matang

  11. Setelah matang, angkat dan keluarkan dari kukusan. Tunggu hingga dingin, potong dan sajikan

 Kue Nagasari ini salah satu jajanan tradisional Indonesia Resep Kue Nagasari Loyang

Tips Memasak Kue Nagasari Loyang

Sebenarnya langkah-langkahnya sama menyerupai dikala kita memasak masakan ringan anggun nagasari yang di bungkus dengan daun pisang, hanya saja untuk masakan ringan anggun nagasari yang memakai loyang membutuhkan sedikit kesabaran ya..

Saya memakai pisang raja, sanggup juga memakai pisang kepok tetapi untuk pisang kepok sebaiknya pisangnya dikukus terlebih dahulu. Saya menentukan pisang raja alasannya ialah gampang di olah tanpa perlu di kukus terlebih dahulu.

Setiap lapisan waktu mengukusnya sekitar 8 hingga 9 menit, namun sanggup juga lebih tergantung dari tebal lapisannya. Kalau lapisan lebih tebal, ditambah waktu mengukusnya ya

Agar masakan ringan anggun gampang di keluarkan dari loyang, loyang sanggup di oles dengan sedikit minyak, tipis saja. Atau sanggup juga memakai baking paper. Serta sewaktu mengeluarkan dari loyang, masakan ringan anggun harus benar-benar dingin.

Karena kalau belum cuek dan masih dalam keadaan hangat, masakan ringan anggun akan gampang hancur di karenakan teksturnya yang belum padat. Lebih nikmat di masukkan ke dalam lemari pendingin dahulu barulah di santap. Tetapi sesuai selera masing-masing juga ya..

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D