15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Jenis - Jenis Tepung Serta Kegunaannya

Yuk mengenal jenis - jenis tepung yang ada di dapur kita.
Bermacam sajian di dapur tentunya tidak sanggup lepas dari materi yang satu ini. Jenis materi yang berbentuk butiran halus bahkan ada yang sangat halus tergantung proses penggilingannya. Mulai dari aneka kue basah, kue kering bahkan jenis masakan yang lain sebagian besar memakai tepung sebagai materi utamanya.

Tepung sanggup berasal dari nabati contohnya tepung terigu atau hewani contohnya tepung tulang dan tepung ikan. Meskipun tepung yang berasal dari hewani sangat jarang di gunakan di dalam pembuatan sajian di rumah dan umumnya tepung yang sering kita gunakan ialah tepung yang berasal dari materi nabati. Tetapi ada sebagian sajian memakai tepung yang berasal dari hewani terutama biar sajian tersebut mudah dalam cara membuatnya.

Ada baiknya kita mengenal jenis - jenis tepung yang sering kita gunakan di dapur, biar memudahkan kita dalam membuat sajian - sajian yang bermacam-macam tentunya. Saya bagikan informasinya di sini ya bunda..

1. Tepung Terigu
Jenis tepung yang satu ini tentu tidak aneh lagi di dengar dan termasuk dalam daftar jenis tepung yang selalu ada serta sering kita gunakan di dapur. Tepung terigu ada 3 jenisnya :


1. Tepung terigu protein tinggi ialah tepung dengan kadar glutennya tinggi dan mempunyai daya serap air yang tinggi, lentur serta gampang di giling yaitu tepung terigu brand Cakra kembar. Biasanya di gunakan untuk membuat roti biar mengembang tepat dan mie biar lebih kenyal.

2. Tepung terigu protein sedang ialah tepung dengan kandungan glutennya sedang yaitu tepung terigu brand Segitiga biru dan merupakan adonan tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein rendah. Biasanya di sebut tepung terigu serbaguna di karenakan sanggup di pakai untuk membuat segala jenis masakan serta membuat adonan fermentasi menyerupai donat, bakpau, muffin, brownies, cake, bapel, panada dan onde-onde.

3. Tepung terigu protein rendah ialah tepung dengan kandungan gluten yang rendah yaitu tepung terigu dengan brand Kunci biru. Tepung terigu jenis ini mempunyai daya serap air dan gula yang rendah, hasil adonan tidak lunak dan sulit diuleni. Biasanya di gunakan untuk membuat segala jenis camilan manis kering biar camilan manis kering yang di buat mempunyai tekstur yang renyah, serta pastel, gorengan, bakpau.


2. Tepung Panir
Tepung panir ialah jenis tepung yang terbuat dari remah-remah roti dan mempunyai tekstur yang kasar. Biasanya dipakai untuk membuat tekstur sajian menjadi lebih renyah dan menjadi lebih cepat matang dikala digoreng tetapi tidak menyerap banyak minyak menyerupai membuat nugget, kroket dan sebagainya. Tepung panir biasanya dipakai untuk melapisi masakan sebelum di goreng, dengan cara masakan dicelupkan ke dalam materi pencelup berair menyerupai telur yang di kocok lepas. Kemudian gres dibalutkan ke dalam tepung panir sampai rata, kemudian digoreng.



3. Tepung Pati Jagung
Tepung pati jagung terbuat dari sari pati biji jagung, dan di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan tepung maizena. Tepung jagung biasanya dipakai sedikit saja pada adonan camilan manis sebagai adonan tepung terigu di dalamnya. Tepung maizena sendiri berfungsi untuk merenyahkan kue kering, melembutkan tekstur cake, mencegah penggumpalan pada gula halus, dan paling umum sebagai materi pengental sup, susu dan saus.



4. Tepung Beras dan Tepung Ketan
Tepung beras terbagi menjadi dua macam yaitu ada tepung beras yang di buat dari beras putih biasa, dan ada yang terbuat dari tepung beras ketan hitam atau ketan putih di sebut tepung ketan. Tepung beras biasanya di gunakan untuk membuat aneka camilan manis jajanan pasar menyerupai kue nagasari, camilan manis lapis dan sebagainya. Atau sebagai pelapis gorengan biar lebih renyah. Serta tepung beras sanggup juga dipakai untuk pembuatan bihun. Tepung ketan mempunyai tekstur tepung yang hampir menyerupai dengan tepung beras hanya lebih kenyal dikala sudah di olah.



5. Tepung Umbi
Tepung umbi terbuat dari materi tepung yang berjenis umbi-umbian menyerupai singkong, ubi ungu dan ubi ganyong. Biasanya tepung umbi dipakai untuk membuat roti, cake atau camilan manis kering dan es krim.



6. Tepung Sagu
Terbuat dari sari pati batang pohon sagu, dan biasanya di gunakan untuk membuat sajian yang bersifat agak kenyal menyerupai bakso, pempek, bika ambon dan lain-lain.



7. Tepung Hunkwe
Terbuat dari sari pati kacang hijau dan warnanya putih. Biasanya di gunakan untuk membuat kue-kue tradisional yang bertekstur lembut menyerupai camilan manis nagasari, cendol dan camilan manis bagus manis.


8. Tepung Tapioka
Jenis tepung yang terbuat dari sari pati singkong atau ubi. Biasanya di gunakan dalam pembuatan bakso.


Nah, sesudah menyimak gosip jenis - jenis tepung di atas. Tentunya kini bunda tidak perlu resah lagi membedakan jenis tepung apa yang di gunakan di dalam sajian yang akan bunda masak. Dan tentunya hidangannya menjadi istimewa bukan, Semoga Bermanfaat ya bunda :D

Baca Juga Artikel Lainnya :
Mengenal Jenis-Jenis Kue
Cara Menakar Bahan-Bahan Di Dalam Resep