15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Papeda Papua

Resep Papeda Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan Papeda sangat banyak sekali, dan yang paling menarik yakni Papeda Khas Maluku dan Papua Kuah Kuning ala Abang2.

Pada umumnya, papeda itu dikonsumsi bersamaan dengan ikan tongkol, namun papeda juga sanggup dikombinasikan dengan ikan lain, menyerupai ikan gabus, ikan kakap merah, babubara, hingga ikan kue.

Untuk kuah kuning dan ikan, bubur papeda ini sanggup juga kita nikmati bersamaan dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda. Masakan ini sangat menarik sebab harus ditumis dengan bunga pepaya muda serta cabe merah.

Resep Papeda Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT PAPEDA PAPUA
Gambar Papeda dan Ikan Kuah Kuning
Dan untuk varian dari masakan pepeda yang paling populer yakni Pepeda Telur Ayam, Papeda Telur Puyuh, Papeda Gulung, Papeda Asin, papeda Manis, Papeda Telur Gulung, Papeda Goreng, dan lain-lain.

Kalau kita merujuk pada apa itu Papeda maka berdasarkan dari Wikipedia, Papeda yakni kuliner yang beruba bubur sagu khas Maluku dan Papua, biasanya kuliner ini disajikan dengan ikan tongkol atau mubara, gabus yang dibumbui dengan kunyitu kuah kuning. Pada dasarnya Papeda ini mempunyai tekstur lengket menyerupai kanji atau lem dan jikalau di makan rasanya tawar. Untuk kandungan gizi, Papeda mempunyai serat yang begitu kaya dan tak cukup itu saja, kuliner ini rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Baiklah supaya tidak ingin tau bagaimana cara membuatnya, berikut kumpulan belakang layar aneka variasi dan kreasi olahan Resepi Papeda Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak lengkap dan supaya tidak lengket dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan dirumah, warung, rumah makan, restoran atau sanggup juga dijual di warung tenda papeda ala abang-abang kaki lima yang dimakan dengan sambal pedas hmm pokoknya maknyus deh.


RESEP PAPEDA


BAHAN :
  • 100 gram tepung sagu (bisa juga dibentuk tanpa tepung sagu diganti dengan tepung kanji atau tapioka)
  • 1/2 sdt gula
  • air 1000 cc
  • garam 1/2 sdt 


CARA MEMASAK PAPEDA :

  1. Ambil tepung sagunya, kemudian cairkan dengan air sebanyak 300 ml
  2. lalu tambahkan gula dan juga garam
  3. kemudian didihkan sisa airnya, kemudian tuang air yang sudah mendidih itu kedalam larutan tepung sagu dan aduk perlahan-lahan hingga sagu menjadi matang
  4. jika campuran sudah bewarna bening itu artinya papeda sudah matang, dan pastikan warnanya merata, jikalau belum merata gunakan api kecil kemudian aduk hingga semuanya menjadi bening
  5. setelah itu angkat dan siap disantap dengan lauk ikan kuah kuning
  6. selamat makan.

Baiklah demikian Resep Papeda Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak yang sanggup kami sajikan untuk Anda, semoga resep masakan ini sanggup bermanfaat buat kita semua, hingga jumpa dan terimakasih.