15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Camilan Cantik Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

kue Bika Ambon yang sering kita lihat atau kita bicarakan. Jika kita lihat sekilas pun kita sanggup pribadi melihat perbedaan antara Bika Ambon dengan Bika Medan. Meskipun materi dasarnya sama namun dalam hal rasa dan bentuk serta cara pengolahannya juga berbeda. 

Jika anda masih resah dengan bentuk antara kedua bika tersebut, anda sanggup melihat dari tekstur masing-masing. Bika Ambon berwarna kuning atau hijau (pandan) dengan tekstur berlubang-lubang ibarat sarang tawon. Sedangkan Bika Padang mempunyai warna putih, dengan tekstur dan bentuk layaknya apem. Jika Bika Ambon diolah dengan cara dikukus, sedangkan bika Padang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Jika anda masih belum sanggup membayangkan juga bagaimana sih camilan bagus Bika Padang ini, jangan khawatir selalu ada solusi untuk anda yang ingin melihat atau bahkan menciptakan da mencicipinya. Kali ini akan aku bagikan resep menciptakan camilan bagus Bika Padang khusus untuk anda, biar resep ini sanggup membantu anda untuk tidak ingin tau sekaligus melestarikan camilan bagus tradisional Indonesia. Semoga rasanya pun tidak jauh berbeda dengan yang asli. Resepnya ada di Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat yang berikut ini.

 Kali ini kita akan mencoba membahas cara menciptakan camilan bagus bika Padang Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung beras 
  • 200 gram tape singkong
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml santan
  • 150 gram kelapa parut
  • 2 sendok teh baking powder
Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat :
  1. Campurkanlah materi tepung beras dengan tape singkong dan gula pasir, kemudian aduk-aduk materi sampai tercampur rata. Tuangkan santan bertahap ke dalam adonan materi tadi sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata. Selanjutnya tambahkan kelapa parut serta baking powder, aduk-aduk kembali sampai rata. Kemudian diamkan adonan sampai kira-kira 30 menit.
  2. Siapkan cetakan camilan bagus muffin, alasi bab bawahnya dengan paper cup. Tuanglah adonan ke dalam cetakan, kemudian panggang adonan di dalam panggangan atau dipanggang diatas bara api sampai matang sempurna, segera angkat dari panggangan atau bara api, kemudian sajikan selagi panas atau hangat.
Nah praktis sekali kan membuatnya, camilan bagus Bika Padang sudah sanggup anda nikmati. Bahan-bahan yang disediakan di atas sanggup menghasilkan camilan bagus Bika Padang sebanyak 15 buah. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Note : Kue bika Padang di daerah asal nya di Sumatra Barat sering disebut orang dengan sebutan camilan bagus bakar. Istilah ini muncul alasannya yakni Bika Padang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api. Cetakan camilan bagus ini biasanya berbentuk bintang dan dilapisi dengan daun waru. Lapisan daun waru menciptakan aroma khas camilan bagus yang mengkombinasi aroma daun waru dan aroma kayu bakar.