RESEP SEMUR JENGKOL ENAK KHAS BETAWI

Semur adalah salah satu masakan asli khas Indonesia. Banyak jenis Resep Semur khas Indonesia seperti Resep Semur Tahu dan Resep Semur Ayam. Untuk bumbu juga hampir sama cuma bahan utama yang berbeda. Semur Jengkol adalah masakan asli khas Betawi yang sangat dikenal di Indonesia sama halnya dengan Resep Khas Betawi lainnya seperti Resep Sayur Asem Betawi dan Resep Soto Betawi Enak. Pada kesempatan ini Resep Masakan Indonesia ingin berbagi Resep Semur Jengkol Khas Betawi Enak untuk anda
RESEP SEMUR JENGKOL ENAK KHAS BETAWI | Semur adalah salah satu masakan asli khas Indonesia. Banyak jenis Resep Semur khas Indonesia seperti Resep Semur Tahu dan Resep Semur Ayam. Untuk bumbu juga hampir sama cuma bahan utama yang berbeda.  Semur Jengkol adalah masakan asli khas Betawi yang sangat dikenal di Indonesia sama halnya dengan Resep Khas Betawi lainnya seperti Resep Sayur Asem Betawi dan Resep Soto Betawi Enak. Pada kesempatan ini Resep Masakan Indonesia ingin berbagi Resep Semur Jengkol Khas Betawi Enak untuk anda.
RESEP SEMUR JENGKOL ENAK KHAS BETAWI

Bahan - Bahan Resep Semur Jengkol

1. 1 kg jengkol.
2. 1 btg serai digeprak
3. 4 cm lengkuas digeprek
4. 3 lbr daun salam.
5. 3 sdm minyak goreng.
6. ½ ltr air matang.
7. 6 sdm kecap manis.
Bahan Bumbu Halus
  • 8 siung bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 5 btr kemiri (sangrai).
  • 5 bh cabai merah.
  • ½ sdt merica bubuk.
  • 1½ sdm pala bubuk.
  • 1 sdt garam.
Cara Membuat
  1. Kupas kulit jengkol dan rendam jengkol selama 1 hari agar jengkol tidak terlalu berbau. setelah melalui proses perendaman rebuslah jengkol hingga matang. Kemudian geprek dan pipihkan jengkol yang telah matang tadi lalu tiriskan.
  2. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi. Masukkan juga serai, lengkuas dan daun salam dan tumis bumbu sampai harum.
  3. Tambahkan jengkol ke dalam tumisan lalu aduk hingga merata. Tuanglah air matang secara perlahan dan Masukkan kecap manis kedalam tumisan jengkol kemudian aduk sampai merata.
  4. Diamkan hingga air mengering dan bumbu benar-benar meresap kedalam jengkol.
Jika anda menyantap Semur jengkol Ketika sahur atau berbuka di bulan ramadhan harap agar mencuci mulut dengan anti bacteri dan menyikat gigi karena baunya mungkin akan mengganggu orang sekitar anda. Resep Masakan Indonesia lebih menyarankan untuk Mencoba Resep lainnya seperti Resep Ikan Bakar Enak dan Resep Ayam Bakar Buka Puasa  yang nikmat disantap bersama nasi putih hangat berserta lauk. Selamat mempraktikan resep dan cara membuat semur jengkol.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.