15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Nasi Panggang Dengan Daging Asap

Menu Internasional - Masih mager untuk beranjak dari jenis kuliner yang satu ini. Ya nasi masih akan aku bahas pada artikel kali ini, alasannya sebab nasi merupakan kuliner pokok orang Indonesia. Namun yang kali ini akan aku bagikan ialah resep nasi panggang dengan daging asap. Agak berbeda dengan sajian kuliner dari jenis nasi mirip yang sebelumnya pernah aku bagikan. Resep kali ini ialah salah satu jenis olahan kuliner berbahan dasar beras atau nasi yang terlihat lebih modern. Apalagi dengan adanya daging asap yang tidk saja memerkaya rasa, namun sekaligus sebagai isian nasi yang memperlihatkan tampilan menjadi terlihat lebih nikmat.

Tidak sedikit memang jenis kuliner yang terbuat dari beras atau nasi. Beberapa yang sudah pernah aku bagikan dalam artikel sebelumnya dapat anda lihat misalnya ialah pepes nasi bakar yang juga merupakan kuliner tradisional Nusantara yang sampai sekarang masih sangat digemari oleh banyak orang. Tentu saja berbeda dengan apa yang akan aku bagikan resep nya kali ini. Nasi yang akan aku bagikan resepnya kali ini di olah dengan cara dipanggang, kemudian di beri materi isi dan dilapisi dengan tepung terigu dengan adonan materi yang akan menambah cita rasa kuliner yang satu ini menjadi tak terbayangkan.

Seperti hal nya kuliner modern khas Eropa, bentuk dari nasi panggang yang akan aku bagikan kali ini mirip kuliner pizza atau semacam nya. Hanya dari segi penampilan saja nasi panggang yang akan aku berikan resepnya ini niscaya mengundang rasa ingin tau bagi yang melihatnya. Secara fisik bentuknya akan sangat berbeda dengan aneka macam olahan nasi yang lain. Selain bentuk fisik, tekstur yang dimiliki nasi panggang ini juga akan sangat berbeda dengan nasi lainnya. Nasi panggang ini akan mempunyai tekstur yang lebih lembut dan terikat dalam satu bagian. Pokoknya mirip yang aku bilang anda yang belum pernah menikmati nasi panggang ini niscaya akan merasa ingin tau mirip apa sih wujud dan cita rasa kuliner ini.


Bagi anda semua yang ingin tau ingin menciptakan dan merasakan risikonya jangan perna berkecil hati, jangan pernah merasa minder. Sekalipun anda tinggal di kampung asalkan punya niat untuk membuatnya, aku akan dengan bahagia hati memperlihatkan resep kuliner yang tidak hanya enak, namun juga sangat gampang untuk membuatnya. Untuk itu segera saja baca dan siapkan segala peralatan dan materi untuk mebuat nasi panggang mirip yang ada pada resep berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 2 porsi nasi putih yang sudah matang
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok makan margarin (digunakan untuk menumis)
  • 1 sendok makan bawang bombay yang sudah dicincang
  • 3 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 1 sendok makan saus inggris
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 buah cabe merah besar (iris tipis dan buang bijinya)
  • 1/2 sendok teh abu merica
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 batang daun bawang (dipotong kecil-kecil)
  • 50 gram wortel (dipotong dadu kecil-kecil)
  • 75 gram buncis (potong kecil)
  • 100 ml air kaldu
  • 2 lembar daging asap (rajang kecil)

Bahan untuk lapisan :
  • 1/2 sendok makan margarin
  • 150 ml susu cair
  • 50 gram parutan keju
  • 1 sedok teh tepung terigu

Cara membuatnya :
  1. Membuat isi : panaskan dahulu minyak dan juga margarin, kemudian tumislah bawang bombay cincang dan bawang putih sampai keluar aroma harum. Selanjutnya tambahkan saus dan bumbu-bumbu yang lain, aduk-aduk sampai semua materi tercampur rata. Selanjutnya masukkan ptongan daun bawang, buncis dan wortel ke dalam adonan tumisan, aduk lagi sampai rata. Kemudian tuangkan air kaldu, kemudian masaklah sampai bumbu meresap, kalau cukup angkat dan sisihkanlah.
  2. Membuat lapisan : Panaskan margarin, kemudian masukkan tepung terigu ke dalmnya, aduk-aduk materi tersebut sambil dituangi dengan susu cair. Lanjutkan memasak sampai materi lapisan mengental, lal tambahkan parutan keju dan aduk-aduk sampai rata, kemudian angkat.
  3. Selanjutnya siapkan pinggan yang tahan panas, olesi permukaan pinggan dengan margarin tipis saja. Letakkan nasi terlebih dahulu, kemudian beri materi isian di atasnya dan tambahkan potongan daging asap yang sudah disiapkan, kemudian beri materi lapisan di atasnya. Panggang materi kuliner dalam pinggan tersebut dalam waktu kira-kira 20 menit. Jika dirasa cukup segera angkat. 
  4. Nasi panggang dengan daging asap siap disajikan bersama dengan saus sambal.

Nah hanya dalam beberapa langkah saja nasi panggang sudah simpulan dibuat. Langkahnya tidak ribet dan sangat gampang di ikuti siapa saja. Makanan yang satu ini juga dapat dipelajari dengan gampang bagi anda yang gres berguru memasak. Bahan di atas dapat dinikmati oleh 4 orang. Semoga resep yang aku bagikan kali ini bermanfaat dan sesuai selera anda semua. Selamat mencoba dan terus berkreasi.