15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Kudapan Anggun Keria, Kudapan Kembaran Si Donat ( Keria Cake Doughnut )

Siapa yang sangat suka dengan ubi jalar atau ubi rambat, jikalau di negara luar disebut dengan kentang bagus ( sweet potato ) alasannya ialah memang sejenis umbi-umbian mirip kentang.
Ubi jalar sangat yummy di masak menjadi aneka macam macam olahan, mirip kolak, brownies, camilan bagus gomak ( penganan berbentuk bundar dan diberi isian gula merah ), jus, es krim, sambal ubi kering, dan lain-lain. Baik dengan cara dikukus atau digoreng saja tetap enak, Yah jikalau lagi bosan masak dengan resep yang itu-itu saja bolehlah bunda praktek resep yang ini ya :)

Nah, salah satu resep yang kita buat kali ini ialah camilan bagus keria ( saya menonton cara menciptakan camilan bagus ini di Youtube, jikalau orang Malaysia bilang ini camilan bagus keria ). Tapi hampir mirip donat ubi atau donat kentang, yang menciptakan berbeda ialah hasil akhirnya.

Kue keria ini nantinya akan di glasir dengan gula pasir, jikalau lihat hasil jadinya mirip salah satu penganan yang berasal dari kawasan jawa tetapi aku lupa namanya ( kalau penganan jawa tersebut biasanya dibentuk dari tepung ketan gres di glasir dengan gula pasir juga ).

 Siapa yang sangat suka dengan ubi jalar atau ubi rambat Resep Kue Keria, Camilan Kembaran Si Donat ( Keria Cake Doughnut )


Nah, berikut resep dan cara membuatnya :

Bahan Adonan camilan bagus :

  1. 500 gram ubi jalar
  2. 100 gram tepung terigu
  3. Garam sejumput
  4. 2 sdm gula pasir
  5. Minyak sayur untuk menggoreng
Bahan untuk glasir :
  1. 1 gelas gula pasir
  2. 3 sdm air
Cara menciptakan :
  • Kupas dan basuh 500 gram ubi jalar, potong-potong kemudian kukus
  • Setelah dikukus, haluskan ubi jalar hingga hancur kemudian campur dengan 100 gram tepung terigu sedikit demi sedikit, beri garam sejumput kemudian gula pasir kira-kira 2 sendok makan
  • Setelah rata, bentuk campuran menjadi bundar cincin mirip donat
  • Goreng dengan minyak panas hingga kuning kecoklatan
  • Untuk glasiran : tuang 1 gelas gula pasir dan 3 sdm air ke dalam wajan, aduk-aduk hingga gulanya cair
  • Setelah cair, masukkan ubi yang sudah digoreng tadi.
  • Aduk hingga gula pasir melekat dan mengkristal ( pada tahap ini biasanya pengadukan akan sedikit sulit dan berat, disarankan memakai sutil / spatula yang terbuat dari kayu )
  • Setelah mengkristal, angkat cepat dan dinginkan
  • Kue keria siap disantap


Tonton Video Cara Membuat Kue Keria

Tonton video bagaimana aku menciptakan camilan bagus keria dirumah, silahkan klik video dibawah ini

Resep camilan bagus keria ini sangat gampang di buat di rumah bunda, biasanya camilan bagus keria sangat yummy di santap dikala masih hangat soalnya masih lembut. Tapi jikalau sudah cuek biasanya tekstur kuenya agak keras dan susah dikunyah ( agak melawan di dalam lisan hehehe :D ) Nah, jikalau bunda ingin berkreasi juga semoga camilan bagus keria nya tambah maknyooss. Bisa ditambah dengan mentega, telur atau susu ( jadi di bikin mirip donat tetapi tanpa ragi ).

Baca Juga : Resep Pie Labu Kuning Dengan Kismis
Tapi perlu di ingat ya bunda, penambahan tepung nya jangan terlalu banyak alasannya ialah dapat menjadikan camilan bagus nya semakin keras. Ditambah sedikit-sedikit dulu ( tujuan pemakaian tepung untuk memudahkan camilan bagus tersebut di bentuk dan tidak hancur dikala digoreng ).
Tapi jikalau aku dosis tepung 100 gram sudah cukup dikala aku mencoba bikin camilan bagus ini.
Silahkan berkreasi ya bunda, dan juga boleh membagikan pengalaman bunda dikala sudah mencoba resep ini dengan mengisi kolom komentar di bawahnya, aku akan sangat bahagia mendengarnya :D
So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Keria Cake Doughnut

 Siapa yang sangat suka dengan ubi jalar atau ubi rambat Resep Kue Keria, Camilan Kembaran Si Donat ( Keria Cake Doughnut )


This cake recipe comes from Malaysia, how to make it easy. And my family likes it, I share the recipe for your back.

Cake batter ingredients :

  • 500 grams of sweet potato
  • 100 grams of wheat flour
  • pinch of salt
  • 2 tablespoons granulated sugar
  • Vegetable oil for frying

Ingredients for the glaze :

  • 1 cup granulated sugar
  • 3 tablespoons water

How to make :

  1. Peel and wash 500 grams of sweet potato, cut into pieces and steamed
  2. Once steamed, sweet potato puree until crushed and mixed with 100 grams of wheat flour little by little, salt and a pinch of sugar to about 2 tablespoons
  3. After wrapping, form the dough into a round like a donut ring
  4. Fry in hot oil until golden brown
  5. For glaze : Pour 1 cup sugar and 3 tablespoons of water to the pan, stir until the sugar liquid
  6. Once liquid, enter the already fried potatoes earlier.
  7. Stir until the sugar paste and crystallized ( at this stage would be a little difficult stirring and weight, it is advisable to use spatula made of wood )
  8. Once crystallized, fast lift and cold
  9. Keria cake ready to eat

But keep in mind, the addition of flour its not too much because it can lead to harder cake. Added a little bit first ( usage purpose flour to facilitate the cake in shape and does not disintegrate when fried ). But if my dose of 100 grams of flour is enough when I tried to make this cake.

Please be creative, and also you can share your thoughts when've tried this recipe by filling in the comments below, I will be very happy to hear it : D... So, Enjoy Your Cooking Mom: D