15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Bola Kentang Gurih ( Savory Potato Balls Recipe )

Resep yang satu ini memang materi dasarnya dari kentang, dapat disamakan dengan pergedel kentang bunda... tapi aku lebih suka menyebutnya dengan bola kentang sebab memang aku bentuk bulat-bulat menyerupai bola.

Resepnya sederhana tetapi jika bunda suka, boleh menambahkan bahan-bahan yang lain di dalam nya menyerupai bayam, sosis, keju, atau dapat juga kornet dan lain-lain.

Saya hanya menggunakan bahan-bahan yang lagi tersedia di dalam kulkas saya... bekerjsama bola kentang ini di lapisi dengan tepung roti tetapi sebab aku tidak punya tepung roti jadi aku pakai kelapa parut yang disangrai ( karena dikala itu aku punya stok kelapa parut yang disangrai, belum aku olah jadi mengapa tidak aku pakai untuk melapisi bola kentang ini ). 

Kaprikornus bola kentang nya di lapisi kelapa sangrai, tidak mengecewakan gurih dari rasa kelapanya bunda... ketika digoreng anyir harum dari kelapanya juga semerbak :)

 Resep yang satu ini memang materi dasarnya dari kentang Resep Bola Kentang Gurih ( Savory Potato Balls Recipe )
Bola kentang yang sudah jadi, kelapa sangrainya menciptakan bola kentang ini harum semerbak

 Resep yang satu ini memang materi dasarnya dari kentang Resep Bola Kentang Gurih ( Savory Potato Balls Recipe )
Sangat cocok ketika di makan bersama pasangannya ialah saus sambal atau saus cabai botolan, Mantap rasanya ..... :D

Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya bunda...
Bahan-bahan :

  • 500 gram kentang, di rebus dan dihaluskan
  • 4 buah wortel di potong dadu kecil-kecil
  • 1 buah bawang bombay dipotong dadu
  • 50 gram daging ayam dipotong dadu
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 1 butir kuning telur
  • 1 butir telur
  • Kelapa parut yang disangrai
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap Rasa bila suka
Cara membuatnya :

  1. Tumis 1 siung bawang putih yang dicincang halus, 1 buah bawang bombay yang dipotong dadu hingga harum
  2. Setelah harum masukkan 1 butir kuning telur ( masak menyerupai kita bikin orak-arik telur ), kemudian masukkan 50 gram daging ayam dipotong dadu, 4 buah wortel yang dipotong dadu. Tambahkan garam, gula serta penyedap rasa. Aduk rata kemudian masak hingga wortel lembut, angkat.
  3. Masukkan materi tumisan kedalam 500 gram kentang yang sudah direbus dan dihaluskan kemudian aduk hingga rata, sisihkan
  4. Siapkan materi balutan bola kentang ialah 1 butir telur yang di kocok lepas dan kelapa parut yang disangrai
  5. Panaskan minyak goreng, bentuk gabungan kentang menjadi bola-bola, celup ke dalam telur kemudian gulingkan ke dalam kelapa sangrai dan goreng hingga kecoklatan, angkat.
Bola kentang ini cocok untuk dijadikan kudapan sore hari bunda, hidangkan bersama saus tomat atau saus cabai botolan semoga rasanya lebih mantap. 
Kalau mau di tambah daun bayam juga boleh tapi disarankan daun bayamnya juga di rebus dahulu semoga si kecil yang nggak doyan makan sayuran nggak kentara dengan rasa bayamnya bunda :)

Bunda bebas memodifikasi kudapan ini untuk di campur dengan bahan-bahan kesukaan si kecil, niscaya asyik berkumpul bareng keluarga di sore hari. So, Enjoy Your  Cooking Mom :D