15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Kering Tempe Sederhana Gurih Nikmat

Menu Internasional - Tempe merupakan salah satu materi kuliner yang sangat digemari hampir di seluruh kepulauan Nusantara. Tempe dapat diolah menjadi banyak sekali macam kuliner yang sangat nikmat. Salah satu kuliner hasil olahan tempe akan kami berikan dalam resep kering tempe sederhana. Para penggemar masakan tradisional niscaya sudah dapat menciptakan kering tempe yang lebih nikmat dari resep yang kami bagikan kali ini. Namun bagi sahabat sajian yang dikala ini sedang berguru memasak niscaya akan sangat kebingungan bagaimana cara menciptakan kering tempe yang nikmat dan gurih itu. Semua dapat anda baca pada resep yang akan kami berikan nanti.

Kering tempe merupakan kuliner perhiasan untuk santapan, ibarat hal nya lauk. Kering tempe mempunyai tekstur yang kering dan gurih, rasa dari kering tempe sendiri dapat dikreasikan sendiri. Bagi pecinta rasa cantik anda dapat menciptakan kering tempe manis, bagi yang suka pedas dapat juga menciptakan kering tempe pedas, sedangkan yang ingin perpaduan rasa keduanya dapat menciptakan kering tempe cantik pedas. Kering tempe merupakan kuliner tradisional khas Jawa yang sekarang sudah banyak dikenal di seluruh Nusantara. Tempe sebagai materi kuliner juga dapat dibentuk menjadi sambal, lihat di resep sambal goreng tempe.

 Tempe merupakan salah satu materi kuliner yang sangat digemari hampir di seluruh kepulauan Resep Kering Tempe Sederhana Gurih Nikmat

Kering tempe yang banyak dikenal di tempat Jawa Tengah juga dikenal di Jawa Barat dengan sebutan lain. Biasanya di tempat Jawa Barat orang menyebut kering tempe dengan sebutan orek tempe. Sama saja hanya beda penyebutan saja, dan rasanya juga sama, teksturnya juga tidak berbeda. Itulah kehebatan tempe sebagai materi kuliner murah namun memperlihatkan kenikmatan yang tiada duanya. Namun dari sekian banyak olahan tempe beserta kenikmatan nya, satu hal yang tidak bleh dilupakan ialah tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan harga murah. Kaprikornus bila tempe saja dapat memuaskan kenapa harus beli yang mahal dan belum tentu sesuai selera.

Nah itulah sekelumit kisah perihal tempe dan olahnya, dan sekarang saatnya kami memperlihatkan resep kuliner kering tempe sederhana untuk anda. Resep yang kami bagikan kali ini ialah resep kering tempe yang cantik pedas. Selamat mencoba resep berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tempe
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 50 ml air
  • 1 sendok makan air asam
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 5 cm serai (dimemarkan)
  • 2 sendok makan gula merah (sisir halus)
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram kacang tanah (digoreng)
  • 4 buah cabe merah (rajang sering tipis)
  • 3 sendok makan bawang goreng

Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm lengkuas

Cara membuatnya :
  1. Siapkan tempe, kemudian iris-iris tipis tempe tersebut, kemudian jemur tempe sampai agak kering. Goreng garing tempe yang sudah dijemur memakai api sedang, kemudian angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan dahulu.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aroma harum, selanjutnya masukkan air, air asam, daun jeruk, daun salam, gula merah, serai dan garam. Aduk-aduk sampai air mengental.
  3. Masukkan tempe, kacang tanah goreng serta irisan cabe merah ke dalam adonan bumbu tersebut, aduk-aduk dengan cepat sampai bumbu merata. Masukkan bawang goreng, aduk lagi sebentar kemudian angkat.

Kering tempe atau orek tempe sudah jawaban kami bagikan resepnya, semua materi untuk resep di atas dapat disajikan untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan terus berkreasi.