15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Dan Cara Menciptakan Wajik Ketan Gula Merah

Wajik ketan gula merah ialah jenis masakan ringan cantik yang terbuat dari ketan. Warnanya merah bau tanah dan rasanya cantik alasannya ada materi gula merah dikala membuatnya. Kali ini wajik yang bunda buat terbuat dari materi beras ketan putih yang sudah direndam selama satu jam untuk lebih melunakkan pada dikala dikukus. Santan dari buah kelapa sebanyak satu buah, gula merah, garam dan daun pandan.


Cara menciptakan wajiknya orang jawa cukup lezat rasanya. Saya ialah penyuka wajik alasannya rasanya yang cantik dan kalau ada program selamatan sudah niscaya jajanan wajik ada. Rasanya berbeda beda tergantung dosis gula yang diberikan. Beras ketan yang direbus dan dicampur dengan santan kelapa sampai meresap habis. Santan kelapa yang menciptakan rasa gurih pada wajik juga perlu diperhatikan takarannya biar semakin nikmat rasa wajiknya.

Resep dan Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Bahan :

  • 300 gr beras ketan putih, rendan selama 1 jam
  • 200 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 125 ml air
  • 200 gr gula merah sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Wajik Gula Merah :
  1. Kukus beras ketan selama 15 menit sampai mekar kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Rebus air dan daun pandan sampai mendidih, masukkan beras ketan, kemudian aduk dan masak sampai air meresap.
  3. Kukus beras ketan selama 20 menit sampai 3/4 matang, kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Rebus gula merah, santan dan garam sampai larut dan sedikit kental. Masukkan ketan kukus kemudian masak dengan api kecil sambil di aduk aduk perlahan sampai meresap dan kering.
  5. Tuang di dalam loyang yang telah di alasi dengan daun pisang, padatkan kemudian dinginkan dengan suhu ruang.
  6. Potong potong wajik sesuai dengan selera anda

Selain jajanan yang dijual dipasar dan menjadi jajanan dikala ada program selamatan ternyata wajik juga lezat dinikmati bersama keluarga. Saat santai menonton televisi dan ditemani secangkir kopi maka kenikmatan wajik semakin sanggup dirasakan. Yuk dicoba bunda menciptakan wajik untuk keluarga biar semakin disayang suami dan anak anak.