15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Tahu Gejrot Khas Cirebon Pedas Mantap

Menu Internasional - Anda masih berada dikampung? Jika anda ingin kembali ke kota dan melewati kota Cirebon ada baiknya anda merasakan kuliner khas kota Cirebon yang sangat populer yakni tahu gejrot yang populer itu. Namun bila anda tidak melewati kota Cirebon ada dapat membuatnya dirumah dan kami akan memperlihatkan resep tahu gejrot khas Cirebon spesial. Tahu gejrot merupakan kuliner hasil olahan tahu yan dipotong sedemikian rupa sampai kecil-kecil, kemudian dimakan dengan kuah atau saus pedas yang mantap. Makanan ini sangat cocok untuk sajian dikala istirahat dari perjalanan jauh, citarasa nikmat dan pedas dari tahu dan saus yang mantap akan dapat menambah semangat dan rasa kantuk anda yang menikmatinya.

Tahu gejrot merupakan kuliner atau jajanan tradisional khas asal Cirebon yang tidak hanya disukai oleh oleh orang berilmu balig cukup akal bahkan bawah umur juga sangat menyukai jajanan atau kuliner tradisional yang unik ini. Penyajian kuliner tradisional dengan nama yang unik ini cukup sederhana, tahu pong atau dapat juga memakai tahu Sumedang yang sudah dipotong kecil-kecil ditaruh diatas piring kecil atau piring tanah kemudian diberi dengan saus sambal pedas nan mantap. Cara menikmati kuliner ini juga unik yakni memakai sepotong lidi untuk mengambil kuliner yang enak tersebut.

Makanan yang nikmat ini sekarang tidak hanya dikenal di kawasan Cirebon saja namun sudah merambah kawasan lain menyerupai Jakarta, Malang, Surabaya, Depok dan banyak sekali kota lain di seluruh Nusantara. Namun bila di kawasan anda belum ada yang menjual kuliner yang satu ini, jangan bersedih dan jangan khawatir, anda dapat koq menciptakan kuliner yang nikmat ini mengikuti resep yang kami sediakan. Semoga resep yang kami bagikan kali ini menambah koleksi resep masakan tradisional anda sekaligus membantu melestarikan kuliner tradisional Nusantara. Nah untuk itu segera saja anda lihat dan coba resep cara menciptakan tahu gejrot khas Cirebon yang berikut ini.

 Jika anda ingin kembali ke kota dan melewati kota Cirebon ada baiknya anda merasakan maka Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Pedas Mantap

Bahan-bahan :
  • 8 buah tahu pong/tahu Sumedang (digoreng)
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula merah (disisir)

Bumbu-bumbu :
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 4 buah cabe rawit
  • 1/8 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Membuat saus : Campurkan kecap manis, air, garam dan gula merah kemudian aduk-aduk sampai rata. Selanjutnya masak memakai api kecil sampai mendidih, kemudian segera angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Haluskan bumbu yang telah disiapkan yakni bawang merah, bawang putih, cabe rawit serta garam. Kemudian campur bumbu yang telah dihaluskan dengan saus yang sudah dibentuk sebelumnya, aduk-aduk adonan bumbu dan saus tersebut sampai rata seluruhnya.
  3. Cara penyajian, ambil 4 buah tahu yang sudah digoreng sebelumnya, potong-potong tahu dengan ukuran kecil atau sesuai selera anda. Selanjutnya masukkan tahu tersebut kedalam saus adonan yang sudah dibentuk sebelumnya. Lakukan hal yang sama dengan sisa 4 buah tahu yang lain. Tahu gejrot sudah siap dihidangkan.

Nah demikian resep tahu gejrot khas Cirebon untuk anda, dengan materi yang disediakan pada resep di atas anda dapat menyediakan 2 porsi tahu gejrot yang nikmat. Selamat mencoba dan terus berkreasi.