15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Sayur Daun Katuk Masak Santan

Menu Internasional - Selamat tiba kembali dengan sajian resep yang akan memanjakan lida anda semua. Kali ini kami akan memperlihatkan resep kuliner dengan materi sayur yang tentu saja tidak hanya nikmat, namun sekaligus menyehatkan anda semua. Resep sayur daun katuk masak santan yaitu resep yang akan kami bagikan kali ini. Bagi orang yang usang tinggal di Indonesia pastinya mengenal daun katuk. Daun yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara ini sudah usang dikenal sebagai sayuran yang sangat banyak manfaatnya. Manfaat yang sangat populer hingga kini yaitu bahwa daun katuk bisa memperlancar pemikiran air susu ibu (ASI). Bagi anda yang tidak pernah mengenal daun katuk anda bisa bertanya ke tetangga anda niscaya akan segera mendapat jawabannya.

Sayuran berdaun kecil ini biasanya tumbuh dengan ketinggian antara dua hingga tiga meter. Memiliki daun kecil-kecil berwarna hijau gelap, mempunyai bunga berwarna merah atau kuning dengan bercak merah. Tanaman sayur ini bisa berbunga sepanjang tahun. Selain memperlancar ASI daun katuk juga mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi badan manusia. Dalam hal ini daun katuk mempunyai kandungan protein hingga 7% dan serat hingga 19%. Selain itu daun katuk juga mengandung vitamin K, selain juga mengandung pro-vitamin A (betakarotena), vitamin B, dan vitamin C. Sedangkan kandungan mineral di dalam daun katuk antara lain mengandung tinggi kalsium, zat besi, kalium, fosfor dan juga magnesium.

Nah dari banyak sekali klarifikasi ihwal kandungan vitamin dan mineral dari daun katuk, anda bisa mengolah daun katuk menjadi banyak sekali macam masakan. Seperti hal nya kangkung bisa di tumis dan sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan resep daun katuk yang dimasak santan. Masakan ini akan meberikan sensai nikmat dan gurih yang berasal dari santan yang digunakan. Masakan ini juga memakai kacang merah sebagai tambahan. Untuk resep kacang merah bisa anda lihat di resep sayur kacang merah.

 Selamat tiba kembali dengan sajian resep yang akan memanjakan lida anda semua Resep Cara Membuat Sayur Daun Katuk Masak Santan

Nah untuk anda yang kebetulan pecinta daun katuk sebagai sayuran, kini ketika nya anda segera mencoba resep yang akan kami berikan berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 150 gram daging tetelan (potong sesuai selera)
  • 750 ml air (untuk merebus daging)
  • 350 ml santan (tidak terlalu kental)
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 125 gram kacang merah (direbus)
  • 2 ikat daun katuk (ambil daun nya saja)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm jahe (geprak/memarkan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 buah cabe merah keriting

Cara membuatnya :
  1. Rebus kepingan daging tetelan hingga daging enjadi empuk. Jika sudah empuk segera angkat dagingnya kemudian saring sisa kaldu untuk merebus. Kembali didihkan sisa kaldu rebusan dan dagingnya memakai api kecil.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian tumislah bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun salam dan jahe hingga harum dan matang. Selanjutnya angkat bumbu tersebut dan masukkan ke dalam rebusan kaldu yang sudah mendidih.
  3. Kemudian tuangkan santan dan masukkan juga kacang merah (sudah direbus sebelumnya). Masaklah hingga bumbu meresap. Terakhir masukkan daun katuik ke dalam campuran, kemudian lanjutkan memasak hingga daun katuk matang, kemudian segera angkat dan sayur daun katuk siap disajikan.

Note : kalau anda tidak suka daging bisa diganti dengan materi lain menyerupai tempe atau tahu atau ikan sesuai selera anda.

Demikian resep menciptakan sayur daun katuk masak santan. Semua materi yang dipakai bisa disajikan bagi empat orang anggota keluarga anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.