15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Lotek Sayur Mie Kuning Kuah Kacang Pedas, Kuliner Khas Dari Kota Pekanbaru

RESEP CARA MEMBUAT LOTEK SAYUR KUAH KACANG PEDAS, KULINER KHAS DARI KOTA PEKANBARU – Lotek yaitu masakan khas dari Kota Pekanbaru yang terbuat dari aneka sayuran yang disiram dengan kuah kacang dan sedikit gula merah. Jika dilihat bentuk dan rasanya, hampir seakan-akan dengan pecal dari Sumatera Barat. Biasanya di Kota Pekanbaru, si penjual gres menjual loteknya pada sore hari. Namun kali ini, Anda tidak usah repot mencari orang yang menjual lotek, apalagi kalau di kawasan Anda tidak ada yang menjualnya. Saya akan bagikan resepnya buat Anda coba dirumah.

Cara menciptakan lotek ini sangat mudah, sesudah semua materi Anda siapkan kemudian haluskan bumbu – bumbunya. Tapi ingat ya, sayurannya dikukus dulu, sesudah itu gres disiram dengan kuah kacang. Kaprikornus deh loteknya. Mumpung besok hari minggu, boleh tuh dicoba menciptakan masakan yang sehat ini. Berikut resepnya buat Anda.

RESEP CARA MEMBUAT LOTEK SAYUR KUAH KACANG PEDAS Resep Cara Membuat Lotek Sayur Mie Kuning Kuah Kacang Pedas, Kuliner Khas Dari Kota Pekanbaru

BAHAN LOTEK KUAH KACANG PEDAS
- 100 taoge, buang akarnya.
- 100 gram kacang panjang, potong 3 cm
- 1 ikat kangkung, siangi.
- 5 lembar kol, iris – iris
- 3 buah ketimun, buang kulitnya, potong lingkaran bagi dua.
- 250 gram mie kuning basah


SAUS KACANG
- 100 gram kacang tanah goreng
- 5 buah cabe rawit hijau
- 1 cm kencur
- 1 sendok makan air asam jawa
- 100 ml air matang
- 1 sendok teh garam
- ½ sendok teh gula merah

CARA MEMBUAT LOTEK KUAH KACANG PEDAS
  • Kukus semua materi diatas hingga matang, kecuali mie kuning basah. Angkat kemudian tiriskan.
  • SAUS KACANG : Haluskan semua materi saus kacang. Setelah halus, aduk rata dengan sayuran yang telah dikukus tadi, tambahkan mie kuning, aduk lagi. Taburi dengan bawang goreng.
Untuk 4 Porsi