15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Wajik Durian Elok Legit

Menu Internasional - Makanan tradisional kali ini bergotong-royong sudah usang dikenal oleh masyarakat Jawa. Seiring berkembangnya waktu camilan anggun ini sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru Nusantara dengan banyak sekali variasi yang membuatnya semakin unik. Resep wajik durian yakni nama masakan yang dimaksudkan di atas. Wajik merupakan masakan tradisional yang terbuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan gula merah kalau di Jawa. Namun kemudian sesudah dikenal masyarakat luas, wajik mulai menyesuaikan dengan budaya sekitar sampai di Aceh wajik durian menjadi salah satu camilan anggun tradisional yang terkenal.

Anda dapat membayangkan terutama bagi para pecinta rajanya buah atau durian ini, bagaimana lezatnya camilan anggun yang tanpa durian pun sudah enak, apalagi ditambah durian. Rasa anggun yang bercampur dengan aroma durian yang harum dan juga anggun akan menawarkan sensasi rasa sangat nikmat. Harumnya durian memang akan menawarkan para pecintanya suka kelaparan. Jika sudah anyir durian memang selalu menarik hati perut untuk segera diisi. Meskipun bukan murni durian, namun camilan anggun wajik durian setidaknyabisa mewakili nikmatnya durian yang sebenarnya. Sebelumnya kami juga telah menawarkan resep camilan anggun wajit kha Cililin yang dapat anda coba juga di rumah.

Kue wajik yang biasa anda buat dapat diganti dengan camilan anggun wajik durian seandainya anda sedang akan menciptakan camilan anggun untuk mengisi libur panjang kali ini, Sambil mencoba sekaligus belaar menciptakan camilan anggun wajik yang lain dari yang sebelumnya sering anda buat atau anda nikmati. Nah untuk itu, mari segera saja kita coba resep yang berikut ini.

 Makanan tradisional kali ini bergotong-royong sudah usang dikenal oleh masyarakat Jawa Resep Cara Membuat Kue Wajik Durian Manis Legit

Bahan-bahan :
  • 400 gram beras ketan putih (rendam 2 jam)
  • 250 ml santan cair (untuk memasak ketan)
  • 3 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 300 gram daging buah durian (dihaluskan)
  • 400 gram gula merah (sisir tipis)
  • 200 ml santan sedang (untuk adonan durian)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Sebelumnya kukus ketan putih yang sudah direndam sebelumnya bersama dengan daun pandan sampai setengah matang. Tuangkan santan cair  sambil di aduk-aduk, kemudian lanjutkan mengukus sampai ketan matang, kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan sanatan sedang bersama dengan gula merah dan gula pasir, lakukan sampai gula larut bersama santan, angkat kemudian saring. Campurkan daging buah durian yang sudah di haluskan dengan larutan gula dan santan tadi. Panaskan lagi sambil di aduk, dan lakukan sampai mengental, kemudian angkat.
  3. Campurkan larutan gula santan dan durian dengan ketan putih yang sudah di kukus sebelumnya, aduk-aduk sampai rata. masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan atau loyang yang sudah dioleh menguunakan margarin. Padatkan, kemudian  biarkan dingin, kemudian potong-potong sesuai selera.

Catatan : Saat mencampurkan adonan durian lakukan pada ketika ketan masih panas, biar jadinya lebih baik.

Nah demikian tadi resep menciptakan wajik durian. Anda sekarang dapat membuatnya sendiri dirumah untuk 20 potong camilan anggun wajik. Selamat mencobda dan terus berkreasi.