15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Anggun Serabi Oncom Sederhana

Menu Internasional - Menikmati masakan ringan manis tradisional memang seringkali membangkitkan rasa kangen terhadap kampung halaman atau masa anak-anak. apalagi bagi anda yang jauh dari kampung halaman dan susah mendapat masakan ringan manis tradisional dari tempat anda. Nah resep masakan ringan manis serabi oncom yang akan kami bagikan kali ini biar bisa mengobati rasa kangen anda dengan kampung halaman anda. Serabi dikenal oleh masyarakat di tempat Jawa barat dan juga di tempat Jawa Tengah tepatnya di kota Solo sebagai masakan tradisional yang sekarang telah mempunyai variasi rasa yang sangat beragam, hal ini tentu saja memperkaya sajian masakan tradisional Nusantara. 

Masing-masing tempat tentu saja mempunyai perbedaan baik dari materi maupun rasa yang dihasilkan. Seperti yang akan kami bagikan kali ini setidaknya mempunyai perbedaan yang mencolok terutama dalam hal rasa. Karena materi yang dipakai untuk menciptakan masakan ringan manis serabi kali ini memakai materi taburan oncom yang menciptakan masakan ringan manis ini menjadi kaya akan rasa. Serabi atau surabi oncom ini lebih dikenal di tempat Bandung Jawa Barat. Jika kita telusuri lebih jauh bahwasannya kota Bandung tidak hanya memperlihatkan alam yang indah, namun juga nirwana bagi para pemburu masakan Nusantara. Nah salah satu yang menciptakan kota Bandung populer yaitu serabi oncom itu sendiri, meskipun tidak sedikit juga masakan ringan manis tradisional yang lainnya.

Untuk anda yang resah untuk menciptakan masakan apa untuk dimakan ketika mengisi waktu luang, menciptakan masakan ringan manis serabi oncom bisa menjadi pilihan yang bagus. Kue ini biasanya memang banyak dikonsumsi pagi hari, namun gotong royong bisa dinikmati kapan saja. Nah untuk anda yang sudah tidak sabar ingin membuatnya, silahkan anda lihat resepnya yang satu ini. Untuk resep masakan ringan manis serabi yang lain simak juga resep masakan ringan manis serabi Istimewa khas Solo.

 Menikmati masakan ringan manis tradisional memang seringkali membangkitkan rasa kangen terhadap kampung ha Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam (dikocok lepas)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 600 ml santan
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus :
  • 3 butir bawang putih
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan taburan :
  • 125 gram oncom (dicincang kasar)
  • 10 tangkai daun kemangi (ambil daunnya saja)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung terigu dengan baking powder, telur dan garam, kemudian tuangi dengan santan bertahap sambil diaduk memakai tangan selama 15 menit, kalau sudah rata sisihkan dahulu.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan oncom dan daun kemangi, aduk-aduk sampai rata, kemudian angkat segera.
  3. Selanjutnya panaskan cetakan masakan ringan manis serabi, tuangkan sesendok sayur campuran kue, lanjutkan masak dengan memakai api sedang, sampai permukaan masakan ringan manis berlubang-lubang. Tunggu sampai permukaan mulai matang, kemudian beri satu sendok materi taburan di atas kue. Jika sudah diamkan sampai kulit serabi menjadi kering, kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.

Nah masakan ringan manis serabi oncom sudah final kami bagikan resepnya. Hasil dari materi di atas bisa menjadi 12 buah kue. Jika anda ingin menciptakan lebih banyak tinggal menambahkan bahannya saja. Selamat mencoba dan terus berkreasi.