15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Camilan Cantik Tambang Sederhana Gurih Dan Renyah

Menu Internasional - Anda yang masa kecilnya dikampung atau bersahabat dengan pasar tradisional mungkin mengenal jenis masakan ringan anggun kering yang satu ini.  Kue ini berbentuk panjang dan terpilin ibarat tambang. Jika belum ingat maka dengan bahagia hati kami akan membagikan resep masakan ringan anggun tambang gurih untuk anda semua. Kue yang masuk dalam kategori masakan ringan anggun kering ini memang layak dinobatkan sebagai masakan ringan anggun kering tradisional yang paling legendaris. Buntuknya yang unik dan rasa anggun dikombinasikan dengan gurih dan renyahnya tekstur masakan ringan anggun menjadikannya masakan ringan anggun yang hingga dikala ini belum bisa digeser oleh kue-kue hasil olahan pabrik.

Kue tambang sering disebut demikian alasannya bentuknya terjalin ibarat bentuk tambang. Namun untuk beberapa kawasan masakan ringan anggun tambang juga dikenal dengan sebutan masakan ringan anggun untir-untir khususnya di kawasan Jawa. Hal ini juga tidak salah alasannya masakan ringan anggun ini memang berbentuk memuntir satu sama lain. Sebagai masakan ringan anggun kering yang populer kekal dan tahan lama, masakan ringan anggun ini juga sering menghiasi meja tamu dikala hari raya. Biasanya memang agak kontras ketika bersanding dengan kue-kue modern, namun sekali lagi selera kampung tetap akan menentukan masakan ringan anggun tradisional untuk dinikmati. Kue tambang juga identik dengan kue kuping gajah dan biasa berdampingan di meja tamu.

Selain sebagai suguhan dikala hari raya, masakan ringan anggun tambang atau masakan ringan anggun untir-untir ini juga sering dijual sebagai buah tangan atau jajanan pasar tradisional. Hingga dikala inipun masakan ringan anggun tambang masih dijual dalam kemasan plastik sederhana dan masih saja laku di pasaran. Hal ini alasannya kebanyakan orang lebih suka membeli daripada membuatnya. Kebanyakan orang gres akan menciptakan dikala mendekati hari raya atau jikalau ada program tertentu saja. Kue ini sebetulnya sangat praktis untuk dibuat, namun alasannya harganya yang relatif murah, maka kemudian banyak orang lebih suka membeli dalam jumlah yang banyak daripada harus membuatnya tanpa harus ribet.

 Anda yang masa kecilnya dikampung atau bersahabat dengan pasar tradisional mungkin mengenal je Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

Meskipun begitu kenyataannya masakan ringan anggun tambang masih terus saja ada yang meproduksi dalam jumlah banyak tiap hari nya. Hingga sekarang masakan ringan anggun tambang ternyata banyak mengalami perkembangan dan semakin bersaing dengan kue-kue pabrikan. Hingga sekarang muncul masakan ringan anggun tambang colat dan sebagainya. Kali ini kami tidak akan membahas atau membagikan masakan ringan anggun tambang yang sudah di modifikasi, kami akan menunjukkan resep masakan ringan anggun tambang yang original. Untuk itu bagi anda yang tertarik silahkan saja melihat dan menciptakan sesuai dengan resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 125 gram gula halus
  • 100 gram margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 butir telur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung terigu ersama dengan margarin, gula halus, telur, soda masakan ringan anggun dan garam, kemudian aduk-aduk adonan materi tersebut hingga rata sempurna. Selanjutnya uleni materi adonan tersebut hingga kalis.
  2. Ambil sebagian adonan kemudian tipiskan adonan memanjangdengan ukuran 1/2 cm. Selanjutnya potong-potong adonan tersebut dengan ukuran 1x12cm. Plintir adonan tersebut dan satukan ujung adonan tersebut menjadi satu. Plintir kembali adonan tadi hingga membentuk ibarat tambang, lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.
  3. Panaskan minyak yang banyak, kemudian goreng adonan yang sudah dibuat ke dalam minyak tersebut memakai api sedang hingga warna adonan berubah kecoklatan. Jika sudah segera angkat dan jangan hingga gosong, kemudian tiriskan.

  • Catatan : jika menciptakan adonan dengan gilingan usahakan ditaburi dengan tepung terigu, maksudnya biar adonan tidak melekat pada kayu gilingan.
  • Setelah di tiriskan dan masakan ringan anggun sudah dingin, segera simpan masakan ringan anggun ke dalam stopless biar terjaga tetap gurih dan renyah.

Nah demikian tadi yaitu resep masakan ringan anggun tambang original yang sangat sederhana. Cukup praktis dan praktis bukan? Nah untuk banyak sekali program atau hari raya mendatang anda sudah harus bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.