15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Camilan Cantik Lapis Singkong

 Singkong termasuk salah satu pangan pokok dari umbi Resep Kue Lapis Singkong

Singkong termasuk salah satu pangan pokok dari umbi-umbian yang sangat gampang di temui di Indonesia. Karena tanamannya gampang tumbuh dan berkembang baik di lahan perkebunan.

Tanaman singkong juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus, oleh alasannya ialah itu banyak olahan makanan yang di buat memakai singkong sebagai salah satu materi utamanya.

Singkong sangat yummy hanya dengan cara di rebus atau di goreng saja. Tetapi ada banyak makanan lainnya yang juga terbuat dari singkong.

Antara lain getuk, talam singkong, ongol-ongol singkong. Bisa juga di buat menjadi Bolu Kukus Singkong, Bolu Kemojo dan masih banyak lagi.

Hari ini aku mencoba menciptakan camilan manis lapis dengan berbahan dasar singkong, lihat resep yang ber-sliweran dan ingin tau juga bagaimana rasanya.

Karena kalau mau di rebus atau di goreng sudah sering, oleh alasannya ialah itu mau mencoba resep camilan manis lapis singkong yang ini.

Kue Lapis Berbahan Dasar Singkong

Penganan Kue Dari Singkong

Ternyata menciptakan Kue Lapis Singkong ini tidak terlalu sulit ya..

Dari penampilan ibarat sekali dengan camilan manis lapis biasa yang dari tepung beras atau tepung sagu, tetapi berbeda dari teksturnya

Menurut saya, camilan manis lapis singkong lebih bertekstur ketika di makan. Kenyal dan lembut, serta ada aroma harum dari agar-agar dan vanili yang di pakai sebagai campurannya.

Permukaannya sedikit bertekstur, beda dengan camilan manis lapis biasa yang teksturnya halus.

Hanya waktu mengukusnya sedikit lebih usang di bandingkan camilan manis lapis biasa. Sekitar 20 menit setiap lapisannya, biar singkongnya matang sempurna.

Kue lapis singkong ini sangat cocok juga menjadi sajian ketika kumpul keluarga atau arisan, cukup mengenyangkan juga sih untuk aku eksklusif ^_^

Cara membuatnya sangat gampang kok,,

Kaprikornus di coba ya di rumah, Yuk simak materi dan cara membuatnya ^_^
Baca Juga : Resep Kue Lapis Kanji

Bahan-bahan Kue Lapis Singkong:

  • 1 kg singkong, di parut
  • 250 gram gula pasir
  • 350 ml santan kental
  • 1 bungkus agar-agar
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • Pewarna makanan secukupnya

  • Bahan Taburan :

  • 100 gram kelapa parut
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

 Singkong termasuk salah satu pangan pokok dari umbi Resep Kue Lapis Singkong

Cara Membuat Kue Lapis Singkong

  1. Peras singkong yang sudah di parut hingga mengeluarkan airnya, tetapi jangan hingga terlalu kering. Buang air singkong

  2. Masukkan singkong yang sudah di peras ke dalam mangkuk, sisihkan dahulu

  3. Campur santan kental dengan gula pasir, aduk rata hingga gula pasir larut

  4. Kemudian tuang larutan santan bertahap ke dalam singkong, sambil di aduk hingga tercampur

  5. Tambahkan agar-agar dan vanili, kemudian aduk rata kembali

  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri pewarna yang berbeda untuk masing-masing bagian. Aduk dan sisihkan dulu

  7. Panaskan panci pengukus hingga airnya mendidih dan beruap, beri ganjal kain higienis pada tutupnya dan olesi loyang dengan minyak. Tuang lapisan pertama camilan manis kemudian kukus selama 20 menit

  8. Setelah 20 menit buka epilog panci pengukus, kemudian tuang lapisan kedua. Ratakan dan kukus kembali selama 20 menit

  9. Setelah 20 menit, tuang lagi lapisan ketiga kemudian kukus selama 30 menit terakhir hingga camilan manis matang. Angkat dan dinginkan

  10. Untuk materi taburan : Kukus semua materi selama 10 hingga 15 menit kemudian angkat

  11. Penyajian : potong camilan manis lapis singkong, baluri dengan materi taburan atau dapat di sajikan terpisah sesuai selera ya..

 Singkong termasuk salah satu pangan pokok dari umbi Resep Kue Lapis Singkong

Silahkan lihat tutorial cara menciptakan Kue Lapis Singkong di channel Youtube Neti Recipes

Kue Lapis Singkong Yang Praktis Dan Enak

Cara membuatnya benar-benar gampang bukan ? di tambah lagi alasannya ialah berbahan dasar singkong, camilan manis ini cukup mengenyangkan.

Kue lapis singkong ini juga termasuk jajanan pasar tradisional, biasa di jual berdampingan dengan kue-kue lainnya ibarat cenil, getuk, getas ketan, combro dan sebagainya.

Sudah usang sih aku mau mencoba menciptakan camilan manis lapis singkong ini, dan gres ini kesampaian. Mencoba resep yang ini, insyaAllah pas di pengecap saya.

Tetapi kalau teman-teman suka manis, dosis gulanya boleh di tambah ataupun dapat di kurangi sesuai selera saja. Hanya sarannya kalau dapat pilih singkong yang masih cantik ya..

Dan ketika memeras singkongnya, airnya jangan terlalu habis. Biarkan tekstur lembab masih ada pada singkongnya, biar ketika di kukus teksturnya tidak terlalu kering.

Sebaiknya lapisi pisau dengan plastik ketika memotong camilan manis singkongnya ya,, biar tidak lengket dan gampang di potong. Untuk video tutorial cara membuatnya sudah ada di channel Youtube Neti Recipes ya..

Tenang saja,, teman-teman di rumah niscaya dapat membuatnya ^_^

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

 Singkong termasuk salah satu pangan pokok dari umbi Resep Kue Lapis Singkong