15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Pedas

Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Pedas,- Mungkin sudah biasa dengan bumbu rujak, tahukan bunda bahwa bumbu rujak juga dapat di sajikan sebagai varian lain selain untuk melumuri buah dan sayuran, ternyata bumbu rujak juga dapat di hidangkan dengan ayam goreng, mungkin sebgian dari bunda belum mengrtahuinya, maka simaklah baik baik ulasan menciptakan Ayam Goreng Bumbu Rujak Pedas.

Selain di goreng hidangan ini juga dapat di variasikan dengan memanggang ayam, jikalau bunda bosan dengan ayam goreng bunda tidak usah ragu untuk menciptakan resep ayam panggangnya. Masakan ini konon merupakan masakan orisinil jawa timur. dilihat dari varian bumbunya masakan ini pun sama menyerupai kebanyakan masakan orisinil jawa timur.


Masakan ini memiliki citarasa khas masakan jawa timur perpaduan antara manis, pedas, dan gurih beserta adonan bumbu dari daging ayam yang nikmat menciptakan masakan ini patut untuk bunda coba dirumah.

Untuk materi utamnya ialah ayam, bunda dapat menggunkan ayam jawa selain dagingnya lebih lezat konon bumbunya akan gampang terserap, selain ayam kita juga akan mempersiakan bumbu rujaknya, jikalau bunda malas untuk membuatnya jangan khawatir kini banyak penjual bumbu rujak di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern.

Kita juga akan memakai materi santan, jikalau bunda kesulitan untuk menciptakan santan bunda dapat mengatasinya dengan membeli santan instan, untuk komposisi cabainya bunda dapat menyesuaikannya sendiri.

Sebelum Membuatnya kita lihat dulu ulasan sebelumya ihwal Resep Kepiting Saus Pedas, Berikut ialah Bahan Bahan Untuk Membuat Ayam Goreng Bumbu Rujak.

Bahan Membuat Ayam Goreng Bumbu Rujak Pedas


No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Daging ayam
1 kg
Lumuri dengan 1 jeruk nipis
2
Air
400 ml
Air matang
3
Santan instan
65 ml
-
4
Garam
1 Sendok makan
Gunakan garam halus
5
Kaldu ayam
½ sendok makan
-
6
Gula merah
1 sendok makan
-
7
Asam jawa
5 sendok makan
-
8
Serai
2 batang
Di geprek
9
Lengkuas
3cm
Digeprek
10
 Daun salam
2 lembar
-
11
Minyak
Secukupnya
Untuk menggoreng
12
Bawang merah
10 buah
Bumbu halus
13
Cabai merah
15 buah
Bumbu halus
14
Cabai rawit
10 buah
Bumbu halus
15
Bawang putih
6 siung
Bumbu halus
16
Kemiri
6 siung
Sangrai kemudian / bumbu halus


 Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Halus Pedas

  • Potong ayam sesuai selera, kemudian basuh bersih, olesi dengan perasan air jeruk.
  • Setelah semua Bagian ayam terolesi, goreng ayam dengan minyak yang cukup banyak memakai api sedang.
  • Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus. sambil terus di aduk-aduk selama proses pemasakan.
  • Masukan juga daun salam, serai dan lengkuas tumis hingga harum, kemudian tuangkan air,garam, kaldu bubuk, dan gula merah.
  • Tuangkan santan sambil terus di aduk-aduk agar tidak pecah santannya, masukan air santan jawa sambi terus diaduk rata, masukan ayam yang sudah di goreng tadi tutp dengan tutup panci, tunggu hingga santan mengental.
  • Bakar ayam/ goreng ayamyang sudah di kukus tadi, sajikan dengan bumbu rujaknya
  • Selesai
Sebenarnya cukup gampang untuk menciptakan resep ayam goreng bumbu halus pedas, Sebegai tips bunda dapat menggunkan api sedang untuk memasaknya. ayam goreng bumbu rujak pedas sangat cocok jikalau di sajikan untuk hidangan makan malam.

Lihat juga aneka resep kuliner lainnya di LumbungResep.