15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Perkedel Daging Sederhana Khas Nusantara

Menu Internasional - Salah satu kekayaan masakan Nusantara yang cukup banyak penggemarnya ialah perkedel. Perkedel merupakan makanan yang umumnya terbuat dari kentang sehingga banyak orang menyebutnya dengan sebutan perkedel kentang. Namun ada yang berbeda dengan resep yang akan kami bagikan kali ini yaitu resep perkedel daging. Sama dengan perkedel kentang akan tetapi ada suplemen materi daging sapi sehingga menambah citarasa menjadi lebih nikmat. Namun pada kenyataannya perkedel banyak mengalami variasi dengan banyak sekali materi dasar menyerupai perkedel singkong, ubi jalar bahkan ada juga yang terbuat dari tahu. Perkedel dapat disajikan sebagai camilan atau dapat juga dipakai sebagai lauk makan.

Menurut sejarahnya nama perkedel bahwasanya berasal dari bahasa Belanda yaitu dari kata frikadel. Seperti yang kita tahu selama ini seni memasak di Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya masakan luar negeri menyerupai China, India, Jepang dan salah satunya ialah Belanda yang pernah usang menguasai Indonesia. Arti kata frikadel sendiri ialah daging cincang yang dilumat daan digoreng. Namun di Indonesia perkedel lebih populer dengan materi kentang dan sedikit diberi adonan daging saja.

Perkedel daging yang akan kami bagikan resepnya kali ini merupakan resep yang sudah mengalami percampuran dengan budaya masakan Nusantara. Sehingga materi yang dipakai juga lebih lebih banyak didominasi kentang daripada dagingnya. Namun meskipun begitu citarasa yang muncul tidak kalah dengan yang orisinil dari Belanda. Untuk membuat perkedel daging pada resep kali ini juga tidak sulit, begitupun dengan bahan-bahan yang digunakan.

Nah untuk anda yang sudah tidak sabar untuk membuat makanan yang jikmat ini, berikut ini akan kami bagikan resep perkedel daging yang sangat sederhana untuk anda. Semoga semua resep yang ada dapat membantu anda dalam berguru memasak dan membuat makanan sehat untuk keluarga tercinta. Untuk itu simak resenya yang berikut ini.

 Salah satu kekayaan masakan Nusantara yang cukup banyak penggemarnya ialah perkedel Cara Membuat Perkedel Daging Sederhana Khas Nusantara

Bahan-bahan :
  • 400 gram kentang
  • MInyak goreng secukupnya
  • 1 sendok makan bawang goreng
  • 1/2 sendok teh merica butir
  • 3 buah cengkih
  • 1/4 biji pala
  • Garam secukupnya
  • 1 butir telur (pisahkan kuning telur dan putihnya)
  • 100 gram daging sapi giling
  • 1 batang daun bawang (rajang halus)

Cara membuat perkedel daging :
  1. Siapkan kentang, kupas kulitnya, kemudian potong-potong kentang dan goreng kentang sampai matang, segera angkat.
  2. Haluskan bumbu-bumbu berikut yaitu merica, cengkih, biji pala, bawang goreng dan juga kentang yang sudah digoreng tadi. Campurkan kentang yang sudah dihaluskan bersama bumbu tadi dengan kuning telur dan daging sapi giling serta irisan daun bawang, aduk-aduk semua materi sampai rata.
  3. Selanjutnya ambil dua sendok makan adonan kentang, bentuklah bundar dan pipihkan. Celupkan adonan yang sudah dibuat ke dalam putih telur, kemudian goreng adonan tersebut sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang, segera angkat dan sajikan ketika masih hangat.

Praktis sekali bukan membuat perkedel daging nya, selain gampang dan sederhana citarasanya pun tidak kalah dengan makanan restoran. Semua materi yang disediakan di atas dapat dibuat untuk 4 orang atau satu keluarga kecil. Selamat mencoba dan terus berkreasi.