15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian Dan Vegan

Menu Internasional - Tidak adil rasanya jikalau dalam banyak sekali resep yang kami bagikan disini hanya memenuhi resep-resep yang umum saja. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda dalam menyikapi makanan yang masuk ke dalam badan mereka. Sehingga kemudian dikenal ada penganut vegetarian dan vegan. Nah kali ini kami juga akan menunjukkan banyak sekali resep untuk para vegetarian. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu vegan dan vegetarian akan kami tulis pada artikel yang berbeda. Resep yang akan kami berikan untuk kali ini yakni resep menciptakan gluten. Gluten yakni daging untuk para vegetarian dan vegan, tentu saja dalam hal ini bukan daging hewani, namun makanan yang dianggap daging namun dengan bahan-bahan yang sepenuhnya bukan berasal dari hewani.

Dalam vegetarian gluten ini merupakan makanan utama sebagai pengganti daging bagi para vegetarian dan vegan. Fungsi utamanya yakni sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi atau yang lainnya. Pada resep-resep yang lain gluten akan menjadi materi tersendiri, sehingga untuk yang pertama akan menunjukkan bagaimana caranya menciptakan gluten itu sendiri. Membuat gluten sangat mudah, bahan-bahan yang dipakai sangat sedikit hanya beberapa bahn saja. Hanya saja untuk membuatnya memang butuh waktu yang cukup usang aga kesudahannya sempurna, namun demi memnuhi kebutuhan akan makanan yang sehat bagi para vegetarian, anda harus merelakan waktu untuk mendapat materi makanan tersebut. Namun ada baiknya anda menciptakan gluten ini pribadi banyak untuk disimpan di lemari pendingin, mengingat proses pembuatanya yang cukup lama.

Kali ini kami akan membagikan dua resep sekaligus untuk menciptakan gluten. dan pada resep-resep selanjutnya gluten akan sering dipakai dalam resep-resep tersebut. Nah bagi anda yang menjadi vegetarian dan vegan, atau anda yang ingin menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan dan lain sebagainya anda dapat mencoba menciptakan resep ini yang kami sajikan secara sederhana. Untuk itu segera saja simak resep menciptakan gluten yang berikut ini.

1. Gluten #1 

Bahan-bahan :
  • 9 mangkok tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • Gula
  • 3 Mangkok air
  • Kecap

Cara membuatnya :
  1. Masukkan tepung ke dalam wadah besar dengan sedikit garam, selanjutnya tuangkan air bertahap sambil di aduk sampai tepung menjadi adonan yang kental atau sangat kental (sesuai selera). Jika anda ingin daging yang lembut gunakan air yang banyak, sebaliknya jikalau anda ingin daging yang kenyal gunakan sedikit air saja, caranya hampir menyerupai dengan menciptakan bakpao.
  2. Selanjutnya biarkan adonan tersebut selama 5 jam, tutup dengan kain berair di atasnya semoga hasil lebih memuaskan. Setelah 5 jam basuh adonan dengan air mengalir bertahap sampai mendapat sarinya atau hasil yang menyerupai karet. Cuci terus sampai tidak ada lagi tepung yang menempel, hal ini ditandai dengan bekar air cucian yang jernih.
  3. Ambil sari yang sudah jadi tersebut kemudian tarik-tarik menyerupai menggulung benang. Lalu ambil 1/2 liter air, campur dengan 1 sendok teh garam dan 3 sendok makan kecap. Rendam gluten tadi ke dalam adonan bumbu dan biarkan kurang lebih semalam (tergantung selera anda).
  4. Selanjutnya rebus gluten berbumbu dengan air 70-80C selama kurang lebih 5-10 jam (tergantung selera), alasannya yakni semakin usang merebus akan semakin anggun serat yang dihasilkan, pastinya akan semakin menyerupai dengan daging yang asli. Jika sudah dinginkan dan goreng dalam minyak mendidih sampai berwarna kecoklatan, jangan terlalu usang menggoreng alasannya yakni semoga air di luar daging vegan menjadi anggun dan tidak gampang hancur.
  5. Selanjutnya gluten dapat dipakai pribadi atau dapat disimpan dalam lemari pendingin untuk dipakai lain waktu.

Catatan : cara pertama ini cukup memakan waktu sehingga dsarankan untuk menciptakan sekaligus 5-10 kg tepung.

 Tidak adil rasanya jikalau dalam banyak sekali resep yang kami bagikan disini hanya memenuhi rese Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan


2. Gluten #2

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 1,5 liter air untuk merebus

Cara membuatnya :
  1. Aduk-aduk tepung terigu, kemudian tuangkan air bertahap sambil di aduk atau diuleni, sampai menghasilkan adonan yang kalis dan tidak lengket (seperti menciptakan adonan roti/kue).
  2. Taruh adonan tepung tadi dalam wadah, kemudian tuangkan air sampai adonan terendam, kemudian diamkan selama kurang lebih 6 jam.
  3. Selanjutnya basuh adonan dengan air mengalir, lakukan sampai adonan bening dan tidak ada tepung yang menempel.
  4. Rebus 1,5 liter air untuk merebus, tambahkan daun salam serta kecap asin dan garam, kemudian didihkan. Masukkan adonan gluten yang sudah jadi, kemudian rebus sampai adonan menjadi keras dan matang. Segera angkat dan tiriskan. Gluten siap digunakan.

Demikian dua resep menciptakan gluten untuk mengganti daging. Resep ini menghasilkan gluten sebanyak 800 gram. Semoga resep kali ini membantu. Selamat mencoba dan terus berkreasi.