15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

4 Masakan Khas Kalimantan Timur (Kaltim) Untuk Oleh Oleh

Kaltim yaitu sebuah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia. Ada banyak ciri khas dari kawasan tersebut mulai dari Pakaian hingga dengan makanan. Admin kali ini membuatkan perihal Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak dan Lezat. Buat kalian yang sedang berkunjung ke salah satu kota di Kaltim dapat membawa oleh oleh buat keluarga.

Ada beberapa kota yang cukup populer dan banyak tempat Wisata yang dapat anda kunjungi. Seperti Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tengarong dan Kota Bangun. Ada beberapa jenis kuliner yang cukup menartik perhatian dan tidak ada di wilayah lainnya. Rasanya tidak perlu diragukan lagi dan dijamin Halal alasannya yaitu ada labelnya.

Ada banyak sekali macam suku yang tinggal di Kalimantan Timur menyerupai Dayak, Batak, Menado, Jawa, Banjar, Kutai dan masih banyak lagi. Rata rata penduduk yang tinggal dipedalaman yaitu kelompok warga Transmigrasi dari pulau Jawa. Khusus masyarakat Kaltim niscaya tau kuliner apa yang dapat dijadikan oleh oleh ketika kembali, berikut ini yaitu daftarnya.


Makanan Khas Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Oleh Oleh

1. Amplang Ikan

Siapa yang tidak kenal dengan amplang. Rasanya gurih dan cukup lezat jikalau dinikmati ketika makan nasi. Bisa juga buat cemilan dengan keluarga ketika santai. Bahan masakannya terbuat dari Ikan tenggiri, Tepung dan materi bahan lainnya. Jika inggin tau resepnya silahkan baca : Resep dan cara menciptakan Amplang Kalimantan yang renyah dan gurih.

2. Onde onde Ubi Ungu

Terlihat dari tampilannya saja Onde onde ubi unggu ini niscaya rasanya enak. Bahan utamanya sudah tentu ubi ungu dan citarasa yang disajikan cukup spesial. Untuk isinya atau Toppingnya berisi Kacang Hijau, Coklat dan Keju. Jenis kuliner ringan manis ini dapat bertahan beberapa hari kedepan jadi anda dapat membawanya buat oleh oleh.

3. Mantau

Kue Mantau ini banyak yang menggangap bahwa populer khas dari Tiongkok tetapi bergotong-royong berasal dari kawasan Balikpapan. Anda dapat menemuinya dengan gampang di toko toko Kue yang sudah dibungkus dengan kotak. Harganya masih terjangkau sekitar 50 ribu untuk 10 mantau isian. Bagaimana tertarik untuk merasakan, silahkan anda coba sendiri.

4. Bakpia

Banyak orang berangapan bahwa Bakpia berasal dari kota Yogyakarta. Tetapi di Kaltim anda dapat menemukannya dengan mudah. Rasanya yang manis dan cukup menciptakan selera makan bertambah. Isiannya banyak pilihan menyerupai Coklat, Kacang Hijau dan Keju. Bagi anda yang suka berpetualang keluar kawasan dapat membawa kuliner ini sebagai bingkisan buat orang spesial.

Baca Juga : Resep dan cara menciptakan Telur Gabus Keju Renyah

Dari beberapa kuliner yang dapat di jadikan bawaan untuk pulang kita juga dapat menikmati Kuliner khas Kaltim. Masakan apa saja yang cukup populer dan yang perlu anda coba. Ada 7 kuliner yang dapat sahabat coba menyerupai :
  1. Makanan Khas Pisang gapit
  2. Nasi Kuning Khas Kalimantan Timur
  3. Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur
  4. Kuliner Nasi Bekepor Khas Kalimantan Timur
  5. Sate Payau
  6. Gence Ruan
  7. Bubur Pedas

Untuk harganya sangat murah dan terjangkau alasannya yaitu kuliner di atas dapat anda jumpai di warung warung sederhana. Di restoran juga tersedia tetapi sudah niscaya harganya berbeda. Selain kuliner ada juga beberapa barang yang dapat di jadikan oleh oleh menyerupai :
  1. Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak
  2. Batik Khas Balikpapan
  3. Kain Songket Balikpapan
  4. Batu Mulia

Bagaimana apakah tertarik untuk tiba ke Samarinda atau Balikpapan. Silahkan berkunjung kesini alasannya yaitu orangnya ramah ramah dan pastinya jikalau anda mencicipi minum air sungai mahakan niscaya tidak inggin kembali ke kawasan asal hehehe (bercanda). Di Kaltim masih banyak Sumber Alam yang dapat kita kelola.

Semoga info perihal oleh oleh Khas Kaltim ini bermanfaat buat sahabat sekalian. Jika tertarik inggin membeli kuliner khas kaltim dapat memesannya secara Online juga. Cukup gunakan Smartphone anda makan kuliner akan tiba kerumah tetapi ongkirnya di tanggung sendiri. Selamat mencoba dan supaya suka.