15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Tahu Gejrot Sederhana Rasa Original

Menu Internasional - SIapa tidak tahu apa itu tahu gejrot? Kebangetan kalau tahu gejrot saja tidak tahu. Tahu gejrot ialah masakan tradisional orisinil Cirebon yang sudah sangat terkanal. Itulah alasan aku akan membagikan resep tahu gejrot kepada anda semua. Tahu gejrot sendiri merupakan masakan tradisional yang berupa tahu pong yang digoreng, dipotong kecil-kecil, kemudian disajikan bersama dengan kuah berbumbu. Makanan ini sudah sangat populer tidak hanya di tempat asalanya Cirebon Jawa Barat, namun sekarang sudah merebak ke seleuruh wilayah di Indonesia. 

Selain cita rasa yang diberikan memperlihatkan sensasi rasa yang unik, namun cara menikmatinya pun sangat unik, berbeda dengan masakan tradisional Nusantara yang lain. Menikmati tahu gejrot jarang menggunakan sendok atau garpu, namun kebanyakan dengan sebatang lidi untuk mencocol bagian tahu. Dan wadah yang dipakai tahu gejrot pada umumnya ialah layah atau leyeh kecil, yaitu piring yang terbuat dari tanah liat yang dibakar, namun seiring perkembangan jaman, sekarang juga banyak yang menyajikannya di atas piring kecil atau piring dari plastik. Namun yang menggunakan leyeh lebih memperlihatkan rasa tradisional yang kental. Resep tahu gejrot bekerjsama sudah pernah aku bagikan, namun kali ini aku akan membagikan resep tahu gejrot dalam versi yang sedikit berbeda.

Seperti yang sudah pernah aku jelaskan sebelumnya tahu gejrot saking terkenalnya sekarang sudah mulai dikenal di hampir seluruh wilayah Indonesia. Beberapa kota di pulau Jawa hampir di setiap kota besar menyerupai Jakarta, Depok, Surabaya, Malang dan beberapa kota besar di Indonesia sudah sanggup dengan gampang di dapatkan tahu gejrot. Mungkin di setiap tempat berbeda antara satu dengan yang lain dari segi rasa dan penyajian, namun yang namanya tahu gejrot dimanapun ia dibentuk tentu tidak akan jauh dari rasa dan cara penyajian aslinya.

 Kebangetan kalau tahu gejrot saja tidak tahu Resep Tahu Gejrot Sederhana Rasa Original

Nah anda yang sangat suka masakan tradisional Nusantara terutama yang berupa olahan tempe dan tahu sekarang sanggup menikmati tahu gejrot buatan sendiri di rumah. Jika anda kebetulan sedang ada di kota yang sulit menemukan tahu gejrot, namun sangat ingin menikmatinya, cara paling gampang ialah membuatnya sendiri. Cara menciptakan tahu gejrot sangat gampang dan tentu saja tidak banyak menyita waktu. Apa artinya sejam demi untuk menikmati masakan yang sangat anda inginkan. Lalu bagaimana membuatnya? Jangan khawatir aku akan memperlihatkan resep tahu gejrot yang sangat sederhana dan gampang di ikuti siapapun. Untuk itu mari kita simak resepnya yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 15 buah tahu sumedang (tahu pong)

Bahan untuk saus :
  • 12 buah cabe rawit merah
  • 4 siung bawang merah
  • 3 mata asam jawa
  • 3 sendok makan kecap
  • 100 gram gula merah (disisir halus)
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml air matang (dimasak sampai mendidih)

Cara membuatnya :
  1. Siapkan wajan, kemudian panaskan minyak di dalamnya. Goreng tahu sumedang atau tahu pong sampai kering, kalau sudah segera angkat dan tiriskan. Selanjutnya potong tahu kecil-kecil dan tekan tahu sampai bab tengah tahu agak hancur, dan sisihkan dahulu.
  2. Membuat saus : haluskan cabe rawit, bawang merah, gula merah, asam jawa dan garam. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam air yang sudah dididihkan, kemudian tambahkan kecap manis, aduk-aduk sampai rata sampai materi saus matang, kemudian segera diangkat.
  3. Penyajian : Letakkan bagian tahu sumedang atau tahu pong tadi di atas layah atau piring kecil, kemudian siram dengan saus bumbu cabe yang sudah jadi dan segera sajikan.

Nah sekarang anda sanggup menikmati hasil memasak tahu gejrot anda sendiri. Bandingkan dengan tahu gejrot yang sudah pernah anda nikmati sebelumnya. Pasti tidak akan terpaut jauh dari resep yang aku berikan di atas. Membuat masakan tradisional khas Nusantara memang tidak selalu ribet dan susah. Tahu gejrot dari resep di atas sanggup disajikan untuk 4 porsi. Mari kita jaga masakan orisinil Nusantara, selamat mencoba dan terus berkreasi.