15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya

Resep Sayur Asam - kuliner khas yang berasal dari tempat jawa ini cukup dikenal banyak orang. sayur asem biasanya disebut juga dengan sayur bening. ini dikarenakan kuahnya yang berwarna bening menyerupai air putih, namun seiring jaman sekarang sayur asem sanggup dimodifikasi dengan kuah yang berwarna kemerahan, ini dikarenakan bumbu yang dipakai menggunakan cabai yang berwarna merah. selain menambah rasa pedas juga menciptakan tampilan kuah yang cantik.

Sayur asam ini juga sangat cocok disajikan sebagai lauk sehari-hari dibandingkan dengan sayur yang bersantan, sayur asam lebih menyehatkan alasannya yakni didalamnya terdapat aneka macam macam sayuran menyerupai kacang panjang, jagung manis, kacang tanah dll. kelebihan dari sayur asam ini ialah proses pembuatan yang cukup mudah, materi bakunyapun cukup gampang didapatkan dipasaran dan yang terpenting sayur asam ini tergolong kuliner yang cukup murah dan menyehatkan.

Bahan baku utama sayur asem ini juga jangan lupa dicek kebersihan dan cara pemilihan yang benar ya bun, menyerupai cara menentukan jagung manis yang masih segar ialah pilihlah jagung manis yang masih terbungkus daun atau jikalau telah dikupas masih terbungkus plastik. ini mengurangi penguapan pada jagung dan mencegahnya kering dan mengeras. selain itu, jagung manis yang masih terbungkus daun akan terasa lebih nikmat dan enak untuk disantap.

Ciri khas dari sayur asem ini yakni dengan rasanya yang manis, asam, dan pedas sehingga sangat cocok jikalau dipadukan dengan lauk kering. terlebih lagi jikalau disajikan bersama tempe goreng, sambel terasi atau kerupuk. bagi bunda yang keluarganya sangat menyukai kuliner yang satu ini tentu bunda sanggup menciptakan sayur asem yang enak dan enak dirumah. jikalau bunda belum tau cara membuatnya inilah Resep Sayur Asem Dan Cara Membuatnya yang enak dan enak selamat mencoba ya bun.

Bahan - Bahan Membuat Sayur Asem Pedas

 kuliner khas yang berasal dari tempat jawa ini cukup dikenal banyak orang Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya
Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya

  • 1 Ikat kacang panjang, basuh higienis dan potong-potong sesuai selera
  • 50 gr kacang melinjo (jika suka)
  • 1 Buah jagung manis, kupas dan potong jadi 4 bab ataupun sesuai dengan selera
  • 50 gram kacang tanah sayur yang sudah terkupas
  • 1 buah labu siam kupas, basuh higienis kemudian potong-potong membentuk dadu
  • Daun melinjo (jika suka)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 buah cabai merah yang besar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, yang dimemarkan
Cara Membuat Sayur Asem :
  1. menyiapkan segala materi yang akan dipakai dengan mencuci segala materi yang perlu dicuci terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, tiriskan semua materi disebuah wadah yang bersih.
  3. Iris secara tipis-tipis bawang merah dan juga bawang putih serta cabai merah yang besar, kemudian pisahkan di wadah.
  4. Setelah itu, panaskan minyak untuk menumis bumbu secukupnya
  5. tumis bawang merah dan cabai yang sudah di iris-iris hingga tercium bacin harum
  6. kemudian masukan lengkuas dan daun salam.
  7. Masukan air sebanyak 750 milliliter kemudian tunggu hingga mendidih
  8. Setelah air mendidih, masukan kacang panjang, jagung, kacang tanah,kacang melinjo, dan labu siam.
  9. Beri perhiasan air asam jawa, garam dan gula sesuai selera sembari di aduk
  10. setelah di rasa matang, matikan api dan masukan daun melinjo di saat-saat terakhir untuk memperlihatkan cita rasa yang sempurna.
     kuliner khas yang berasal dari tempat jawa ini cukup dikenal banyak orang Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya
    Resep Sayur Asam Masakan Praktis
Sebaiknya sebelum mencampurkan seluruh materi untuk direbus pisahkan dulu materi baku yang agak usang matang menyerupai kacang tanah dan melinjo supaya semua materi matang dengan sempurna. tunggu beberapa ketika barulah masukan bahan-bahan lainnya. cukup gampang kan bun? meskipun banyak sekali sayuran yang dicampurkan dalam satu kuliner itu justru menambah cita rasa yang unik dan semakin enak tentunya. bunda juga sanggup menambahkan materi lain menyerupai terong, atau kubis sesuai selera bunda dan keluarga dirumah.
Baca juga : Rendang Jamur Suwir
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memasak ya bun, supaya kuliner yang akan disajikan terjaga dan terjamin kehigeinisannya. selalu sajikan hidangan kuliner selagi hangat ya bun, atau bunda sanggup memanaskannya terlebih dahulu supaya kuliner sanggup tahan lama. sekian dulu untuk Resep Sayur Asam Dan Cara Membuatnya biar bunda dan keluarga dirumah cocok dengan resep kuliner kali ini. jangan lupa bab resep ini ke keluarga teman dan tetangga bunda.