15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Menciptakan Ketupat Lebaran Istimewa

 Sudah jadi suatu kebiasaan yang rutin bagi banyak orang bahwa kalo di hari lebaran mesti  Resep Membuat Ketupat Idulfitri Istimewa

Resep Membuat Ketupat Idulfitri Istimewa - Sudah jadi suatu kebiasaan yang rutin bagi banyak orang bahwa kalo di hari lebaran mesti ada ketupat. Khasnya sanggup dilihat pertama dari bungkusnya yang terbuat dari daun muda kelapa. Perlu ketrampilan untuk menganyam menjadi bungkus ketupat, klo tidak sanggup nganyam sendiri ya beli aja di pasar tradisional. Memang ada seninya dalam membuatnya. Yang kedua yakni dari isinya berupa nasi dari beras pilihan. Biasa digunakan sebagai bahannya ialah beras yang pulen. Memang ini ialah variasi dari kuliner beras. Ketupat dijadikan kuliner utama yang identik dengan hari lebaran atau hari raya idul fitri. Tapi bila hendak disajikan di luar lebaran juga lezat lho. Tergantung kita aja klo itu. Okelah, sebelum kita praktek membikinnya, ayuk kita simak dulu caranya buat ketupat di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 500 gram beras putih
  • daun muda kelapa, untuk membungkus, yang warnanya kuning
  • air secukupnya


Cara Membuat Ketupat Idulfitri :

  1. Cucilah dengan higienis berasnya, kemudian rendam selama sekitar 1/2 jam. Angkat, tiriskanlah.
  2. Selanjutnya, masukan berasnya ke daun kepala yang sudah dianyam. Mengisinya dilarang hingga penuh, cukup ¾ belahan aja. Hal ini sebab beras nanti menjadi mengembang serta memenuhi rongga di dalam daun kelapa setelah dimasak.
  3. Kemudian ketupat dimasak di dalam sebuah panci yang berukuran besar. Seluruh ketupat harus dalam keadaan terendam tepat biar seluruh bagiannya matang.
  4. Masukkan ketupat ketika airnya sudah mendidih benar dan tunggu hingga sekitar 2 jam.
  5. Bila airnya menyusut, berilah air lagi hingga ketupat benar-benar matang.
  6. Sesudah matang, angkat dan sisihkanlah dari air untuk merebus tadi. Siram menggunakan air higienis yang hangat untuk memperbagus tampilannya.
  7. Siap untuk disajikan sekarang.


Ternyata sederhana saja kan cara bikin ketupat itu. So, pastinya lebaran Anda jadi semakin istimewa dan senang dengan menyajikan ketupat ini. Sebelum di basuh bersih, jangan lupa bersihkan beras dari butiran pasir maupun gabah yang biasanya tercampur di beras. Baik, selamat aja mencoba Resep Membuat Ketupat Idulfitri Istimewa.