15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Masakan Palumara Khas Makasar Dari Ikan Bandeng Yang Sehat Tanpa Minyak Dan Santan

Resep Masakan Palumara Khas Makasar Dari Ikan Bandeng Yang Sehat alasannya ialah Tanpa Minyak dan Santan – Palumara ini merupakan masakan khas yang terbuat dari ikan bandeng yang berasal  Makassar . olahan ikan yang satu ini juga termasuk sehat alasannya ialah tanpa digoreng memakai minyak dan tanpa santan.

Untuk menambah cita rasa ikan biar tidak amis, masakan ikan ini hanya menambahkan bumbu – bumbu, air asam dan cabe, tapi soal rasa tidak kalah dengan ikan goreng balado maupun gulai ikan. Mungkin olahan ikan ini lebih seolah-olah dengan sup ikan tapi kuahnya lebih sedikit dari pada sup ikan. Yang niscaya Palumara khas Makassar ini sudah niscaya segar sekali kalau dinikmati dengan nasi panas.

Bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan masakan ini buat keluarga, apalagi salah satu keluarga Anda ada yang menderita kolesterol, hidangan ini sangat cocok buat mereka yang terkena kolesterol. Berikut resepnya di bawah ini :

Resep Masakan Palumara Khas Makasar Dari Ikan Bandeng Yang Sehat alasannya ialah Tanpa Minyak dan S Resep Masakan Palumara Khas Makasar  Dari Ikan Bandeng Yang Sehat Tanpa Minyak dan Santan

Bahan Palumara Khas Makasar ala

- 1 ekor ikan bandeng
- 1 butir jeruk nipis, ambil airnya
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan bawang goreng
- 200 ml air
- 3 sendok makan, minyak untuk menumis

Bumbu

- 5 siung bawang putih, iris tipis
- 3 batang daun bawang, iris serong
- 4 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong
- 10 buah cabai rawit
- 1 sendok teh asam jawa, larutkan dengan 50 ml air
- 5 lembar daun jeruk purut, iris halus
- ½ butir jeruk nipis, ambil airnya
- 1 sendok teh gula merah, iris – iris

Cara Membuat Palumara Khas Makassar

  • Siangi ikan bandeng, kemudian potong menjadi 3 bagian, basuh higienis tiriskan. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, biarkan selama 20 menit.
  • Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan daun bawang dan cabai merah, aduk sampai layu. Tambahkan air asam jawa dan air, biarkan mendidih.
  • Masukan potongan ikan, tambahkan daun jeruk purut dan cabai rawit, gula merah. Masak sampai ikan matang, masukan air jeruk nipis, aduk sebentar.
  • Angkat, sajikan palumara dengan taburan bawang goreng.

Untuk 4 Porsi