15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Manisan Pepaya Kering Dan Cara Membuatnya

Resep Manisan Pepaya - Pasti banyak dari bunda yang hobi dengan cemilan yang satu ini, manisan merupakan cemilan kaya akan gula rasanya yang manis dan empuk ditambah dengan warna-warna yang menarik merupakan ciri khas kuliner yang satu ini, selain pepaya manisan juga banyak sekali pilihan buahnya, kalau selama ini manisan identik dengan pepaya namun sebetulnya buah yang dipakai sangat bermacam macam.

Selain buah pepaya bunda juga sanggup memakai aneka buah lain, asalakan buah tersebut tidak mempunyai tekstur yang lembut serta sanggup juga memakai buah yang belum matang, selain itu kalau bunda sudah sanggup menciptakan manisan kali ini tuntunya tinggal berkreasi sendiri dengan menciptakan manisan yang lain dengan buah yang lain, oh iya jangan lupa juga bund gunakan gula berkualitas biasannya mempunyai warna putih.

Manisan yang merupakan cemilan tradisional ini sangatlah gampang dibuat, bahannya juga sangat gampang didapatkan ibarat halnya resep kali ini yakni buah pepaya, jangan lupa gunakan pepaya setengah matang, supaya tekstur yang dihasilkan juga kenyal serta tahan lama, selain itu bunda juga perlu perhatikan penyimpanan nya supaya awet, kami sarankan memakai toples beling jangan memakai toples plastik alasannya ialah akan lengket.

Cemilan kering kali ini juga sangat gampang dibentuk selain itu cara membuatnya juga simple sekali, hidangaan manisan sangat cocok disajikan untuk cemilan, pada ketika ada program arisan atau hajatan cemilan yang satu ini sangatlah pas disajikan bersama dengan minuman ibarat teh manis atau juga kopi pahit, untuk bunda yang mempunyai waktu luang pastinya resep kali ini sangat pas untuk mengisi waktu luang, berikut adalah Resep Manisan Pepaya Kering Dan Cara Membuatnya.

Bahan Membuat Manisan Pepaya Kering

 Pasti banyak dari bunda yang hobi dengan cemilan yang satu ini Resep Manisan Pepaya Kering Dan Cara Membuatnya
Resep Manisan Pepaya Kering

Bahan.
  • Buah pepaya. Pilih yang mengkal atau setengah matang. Takarannya sebanyak 10 kiogram.
  • Gula pasir sebanyak 5 kilogram
  • Kapur sirih sebanyak 300 gram
  • Natroum benzoat secukupnya.
  • Garam sebanyak 15 gram.
  • Air higienis atau matang secukupnya.
Cara Membuat Manisan Pepaya
  1. Pertama siapkan pepaya, kupas dan pisahkan biji dari daging. Selanjutnya potong sesuai dengan cita-cita Anda.
  2. Siapkan larutan berupa adonan air sebanyak 150 liter dengan 300 gram kapur sirih. Kemudian sehabis siap, masukkan cuilan pepaya mengkal ke dalam larutan tersebut. Diamkan selaam kurang lebih 35 menit. Angkat pada ketika tekstur cuilan pepaya menjadi lebih keras.
  3. Setelah diangkat, cuilan pepaya dicuci hingga berish untuk menghilangkan adonan rasa kapur sirih.
  4. Setelah higienis sempurna, cuilan buah pepaya direbus dalam air mendidih. Kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah itu, siapkan larutan gula. Perbandingannya 1 kilogram gula dicampurdengan 1 liter air. Setelah larutan tercampur, masukkan natrium benzoat dan didihkan larutan. Setelah mendidih, masukkan cuilan pepaya mengkal ke dalamnya. Tunggu hingga 1 hingga 1 setengah jam. Setelah itu matikan api.
  6. Langkah selanjutnya ialah pengeringan. Proses ini dilakukan di bawah sinar matahari dengan durasi 3 hari. Jika Anda punya alat pengering, waktu sanggup dipangkas dan disetting ke angka 60 derajat celcius. Setelah kering, keluarkan.
  7. Simpan didalam toples beling dan tutup rapat apabila mau disimpan.
 Pasti banyak dari bunda yang hobi dengan cemilan yang satu ini Resep Manisan Pepaya Kering Dan Cara Membuatnya
Membuat Manisan Pepaya

Jika sudah pintar menciptakan resep kali ini pastinya bunda akan sangat gampang menciptakan banyak sekali macam manisan dari buah lain, tambahkan juga ibarat gula halus kalau ingin berkreasi yang. manisan pepaya juga membutuhkan bawah pewarna makanan, berdasarkan saya gunakan saja pewarna kuliner yang standar saja jangan terlalu banyakn alasannya ialah tidak baik untuk badan bila terlalu banyak memakai pewarna.
Baca Juga : Resep Dadar Gulung Isi Kelapa
Untuk cuilan yang anggun kami sarankan bunda memakai pisau dengan gerigi hias, pisau ini akan dengan gampang bunda dapatkan di pasar tradisional maupun toko kue, gula halus yang dipakai kami sarankan memakai gula berwarna putih suapaya manisan nantinya akan berwarna putih merekah tidak coklat, dmikian isu menggenai Resep Manisan Pepaya Kering Dan Cara Membuatnya biar sanggup bermanfaat untuk bunda.