15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Dan Cara Menciptakan Pisang Gapit Yang Empuk Dan Manis

Pisang Gapit yakni masakan khas dari Kalimantan Timur dimana materi dasarnya adakah Pisang. Pisang gapit dibentuk dengan cara digapit dan di panggang dimana dikalimantan yang banyak kita jumpai yakni di kawasan Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Sanggata dan tempat tempat lainnya. Pisang Gapit dijual cukup murah, hanya dengan 10.000 bunda sudah mendapat sebungkus pisang gapit. Ada juga yang harganya dibawah itu menurut jumlah pisang yang dihidangkan.


Untuk menciptakan Pisang Gapit bunda dapat membuatnya dari beberapa pisang menyerupai Pisang Raja. Ada banyak sekali macam pisang Raja tetapi bunda sesuaikan saja dengan pisang yang bunda punya. Disini yang kita buat yakni memakai pisang Kepok. Namanya pisang sudah tentu bagus apalagi ditambah dengan margarin dan gula merah. Menjadi lebih yummy dan gurih pisang gapit sebab ada adonan santannya. Penasaran bagaimana cara menciptakan Pisang Gapit, yuk kita praktekkan bunda.

Resep dan cara menciptakan PISANG GAPIT yang Empuk dan Manis

Bahan materi :

  • 10 buah pisang kepok, Pakai pisang yang mengkal
  • 1 sdm margarin

Saus kinca :
  • 500 ml santan, Pakai 1 sachet santan instan ditambah air
  • 100 gram gula merah di iris-iris
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm maizena
  • 2 lembar daun pandan

Cara menciptakan :
  1. Pipihkan pisang dengan pemberian spatula kayu. Panaskan wajan teflon dan oles dengan margarin, panggang pisang sampai kedua sisinya kecoklatan
  2. Buat saus kinca dengan cara rebus santan, pandan, gula merah dan garam sambil diaduk sesekali. larutkan maizena dengan sedikit air, tuang ke dalam panci saus, aduk rata dan masak sampai mendidih
  3. Tata pisang di piring, siram dengan saus kinca, sajikan dikala masih hangat.

Bagi bunda yang belum mencicipi Pisang Gapit yuk mampir ke kota Samarinda tempat aku tinggal. Jika lokasi bunda jauh di seberang lautan, bunda dapat menciptakan sendiri di rumah. Makanan ringan ini cukup mengenyagkan tetapi bergizi. Makara jikalau bunda menyediakan Pisang Gapit di dikala keluarga sudah makan malam maka dimungkinkan banyak yang tidak menyukainya. Bunda dapat hidangkan pisang gapit dikala melewati beberapa jam sehabis makan atau menyediakannya terlebih dahulu dikala sore hari atau pagi hari untuk sarapan. Selamat mencoba menciptakan Pisang Gapit bunda, biar berhasil dan disukai keluarga dirumah.