15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Dan Cara Menciptakan Amplang Kalimantan Yang Renyah Dan Gurih

Amplang yakni kerupuk khas kalimantan yang ketika ini sangat di sukai dan sanggup menjadi oleh oleh apabila berkunjung ke luar daerah. Bentuk dan warnanya tidaklah menarik tetapi kalau sahabat sanggup mencicipi rasa gurih yang ada pada amplang niscaya akan ketagihan. Amplang paling cocok dimakan bersama dengan nasi, sayur dan lauk di meja makan. Nafsu makan sahabat akan semakin bertambah apabila amplang ada di samping.


Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan adonan tepung sagu. Ikan yang biasa dipakai yakni ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut mempunyai kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik yakni ikan belida alasannya yakni rasa gurihnya yang lebih lezat dan tekstur daging yang lembut ketika dihaluskan.

Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya membuat kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling sampai halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air sampai rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni sampai kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, kemudian dijemur biar menghasilkan amplang yang manis ketika digoreng.

Tahap selanjutnya yakni pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, kemudian dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas sampai mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang sanggup disimpan dalam wadah tertutup biar tetap renyah dan tahan lama. Ada juga cara membuat amplang tenggiri yang sanggup bunda lihat pada materi dan cara membuat di bawah ini.

Bahan dalam membuat kerupuk amplang ikan tenggiri :
  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa menyerupai Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri :
  1. Pertama yakni haluskan atau giling daging ikan tenggiri yang sudah anda siapkan di atas.
  2. Setelah itu campurkan daging ikan tenggiri yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua materi tadi secara merata.
  3. Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai impian anda.
  4. Potong adonan yang sudah anda bentuk tadi sesuai impian anda.
  5. Kemudian goreng kerupuk yang sudah anda potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit sampai kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya anda terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng biar terhindar dari gosong tersebut.
  6. Angkat kerupuk amplang yang sudah anda goreng tadi dan tiriskan sampai kering dan tidak tersisa minyak biar nantinya sanggup disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  7. Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.

Di samarinda aneka macam di pinggir jalan tepi sungai toko toko yang menjual amplang. Rasanya berbeda beda sanggup dipilih sesuai selera bunda. Jika tidak mempunyai kesempatan untuk membuat ampalang sendiri silahkan tiba saja ke seputaran jalan Masjid Islamic Center maka bunda akan temukan toko toko penjual amplang berjejeran.