15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Seruit Khas Lampung

Menu Internasional - Jika selama ini banyak resep masakan dari kawasan Jawa, Manado atau Padang, kali ini kita akan memperlihatkan resep masakan khas Lampung. Resep seruit atau seruwit ialah resep khas Lampung yang akan kami bagikan kali ini. Alasan kami membagikan resep ini sebab selain sederhana, resep ini sangat gampang dibentuk baik dari materi maupun bumbu-bumbunya. Bahan utama dari masakan ini berupa ikan yang digoreng atau dibakar kemudian dimakan bersama dengan sambal terasi, tempoyak atau mangga. Ikan yang biasa dipakai majemuk sesuai selera dan ketersediaannya. Bisa juga memakai ikan tongkol, namun umumnya memakai ikan air tawar yang asalnya dari sungai menyerupai ikan layis, belide atau ikan baung. Dari asal katanya seruit atau seruwit berasal dari kata nyeruit yang artinya makan bersama-sama. Hal ini muncul sebab masyarakat Lampung sampai ketika ini masih gemar berkumpul antar keluarga atau antar tetangga untuk bersilaturahmi.

Dari moral istiadat itu sampai ketika ini tradisi nyeruit masih biasa ditemui di kawasan Lampung. Selain seruit di kawasan Lampung juga mempunyai masakan khas yang lain contohnya gulai balak yang juga pernah kami bagikan resepnya. Namun gulai balak hanya dilakukan ketika program pesta ijab kabul atau pesta moral yang lain. Kembali lagi kepada seruit, seruit yang berupa masakan dari ikan goreng atau ikan bakar yang dinikmati bersama dengan sambal, materi gabungan yang lain ternyata juga sangat unik. Misalnya saja materi pemanis yang biasa dicampurkan ialah mangga kweni. Nah dengan percampuran unik dari materi seruit anda dapat membayangkan bagaimana rasa dari masakan khas Lampung ini, begitu lezat dan nikmat dan bahkan menyebabkan rasa ingin tau bagi anda yang belum pernah menikmatinya.

Nah apabila anda mempunyai waktu luang dan mempunyai bahan-bahan untuk membuatnya, anda dapat mencoba resep seruit yang akan kami bagikan kali ini. Meskipun anda tinggal jauh dari Lampung toh anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Sekaligus dapat untuk menjaga kelestarian budaya masakan Nusantara. Untuk itu tak usah berlama-lama ngobrolnya kita simak saja yuk resep yang berikut ini.

 Jika selama ini banyak resep masakan dari kawasan Jawa Resep Cara Membuat Seruit Khas Lampung

Bahan-bahan :
  • 500 gram ikan tongkol (bisa diganti sesuai selera)
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 150 gram mangga kweni/kueni (dipoton tipis memanjang)
  • 1 buah tomat (potong tipis memanjang)
  • 50 ml air panas

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 buah cabe merah
  • 1/2 sendok teh terasi (digoreng)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara membuatnya :
  1. Lumuri ikan tongkol memakai air jeruk nipis, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bakar ikan tongkol sampai matang, kemudian angkat dan suwir-suwir ikan tongkol tersebut.
  2. Campurkan pecahan mangga kweni/kueni, tomat dan suwiran ikan tongkol bakar, kemudian aduk-aduk sampai rata. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan air panas. Selanjutnya siramkan gabungan air dan bumbu ke dalam suwiran ikan tongkol, aduk sampai rata dan seruit siap disajikan.

Nah sangat gampang dan sederhana kan cara membuatnya. Bahan yang dipakai untuk menciptakan seruit di atas dapat disajikan untuk empat orang. Untuk mengurangi rasa pedas sehabis makan biasanya disajikan minuman dari pecahan buah mangga yang segar dan nikmat. Selamat mencoba dan terus berkreasi.