15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Sayur Trancam Mentah Segar Dan Nikmat

Menu Internasional - Masih ingin memanjakan para pecinta masakan dari sayuran, kami hadir kembali dengan masakan khas dari Jawa yang sangat populer sampai ketika ini. Resep trancam merupakan resep pilihan untuk anda pada hari ini. Trancam merupakan masakan yang terbuat dari sayuran dengan bumbu parutan kelapa. Trancam sangat seakan-akan dengan urap, namun ada beberapa perbedaan yang sebaiknya anda tahu, sehingga nanti bisa membedakan dengan gampang mana yang urap dan mana yang trancam. Perbedaan yang sangat terang yakni trancam memakai daun kemangi sebagai ciri khas utamanya, sedangkan urap tidak. Perbedaan lainnya yakni trancam memakai sayuran segar/mentah, sedangkan urap mesti dimasak/dikukus.

Nah perbedaan antara trancam dan urap di atas juga sekaligus menghipnotis rasa dan aroma dari trancam itu sendiri. Trancam serasa lebih mantap dari rasa maupun aromanya, untuk aromanya sendiri trancam lebih tajam dan segar sebab sayuran eksklusif dipotong-potong tanpa dimasak dahulu. Trancam sendiri merupakan masakan pendamping nasi yang biasanya dipadukan dengan masakan gorengan atau daging. Maksudnya yakni jikalau mengkonsumsi gorengan atau daging maka trancam yang berupa sayuranlah yang nantinya akan menetralisir lemak jahat dari gorengan atau daging tersebut.

Trancam sudah dikenal semenjak usang di tempat Jawa Tengah dan tempat spesial Yogyakarta. Namun di beberapa wilayah masakan yang sama disebut dengan nama yang berbeda. Misalnya saja di tempat Gunungkidul trancam biasa disebut dengan nama rawis. Namun apapun namanya trancam maupun rawis merupakan masakan tradisional Nusantara yang layak mendapat perhatian. Makanan perhiasan yang satu ini juga sangat cocok sebagai pengganti sayuran yang susah dibuat, jikalau ada yang gampang kenapa harus dipersulit, begitulah kira-kira kata yang sempurna untuk trancam.

 Masih ingin memanjakan para pecinta masakan dari sayuran Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

Berbagai manfaat bisa di sanggup dari masakan trancam ini, selain sebagai masakan yang sehat dan cocok untuk para vegetarian sebab tidak mengandung unsur hewani sama hal nya dengan resep urap pada artikel sebelumnya. Selain itu bahan-bahan yang dipakai juga dipercaya menunjukkan khasiat untuk orang yang mengkonsumsinya. Menurut keterangan bisa menambah kesuburan, hal ini di sanggup dari tauge, kemudian bisa menurunkan tekanan darah tingi yang di sanggup dari timun, sekaligus bisa menyegarkan bau lisan yang di sanggup dari kemangi.

Nah dari klarifikasi perihal masakan trancam di atas, maka sekarang saatnya kami bagikan resepnya untuk anda. Kami berharap anda memetik manfaat dari resep-resep yang kami sajikan dan menunjukkan koreksi apabila ada yang kurang dari resep yang kami berikan. Berikut resep trncam untuk anda semua.

Bahan-bahan :
  • 3 buah mentimun (buang bijinya, potong dadu kecil)
  • 1 ikat kacang panjang (cuci bersih, kemudian iris tipis)
  • 100 gram kol (cincang halus)
  • 100 gram tauge (cuci bersih)
  • 25 gram petai cina
  • 250 gram kelapa parut (dikukus)
  • 3 tangkai daun kemangi (ambil daunnya)

Bumbu halus :
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 1 buah cabe merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh terasi

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya, kemudian aduk-aduk adonan materi tersebut sampai tercampur rata.
  2. Campurkan semua materi sayuran, aduk-aduk sampai rata. Selanjutnya beri parutan kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu halus, aduk-aduk lagi sampai tercampur dengan rata. Sajikan trancam dengan nasi hangat dan lauk yang nikmat. 
Praktis sekali bukan menciptakan trancam, tidak perlu sibuk memasak, kecuali mengukus parutan kelapa. Nah jikalau sudah siap segera saja menciptakan trancam sebagai sajian nikmat untuk keluarga tercinta. Resep di atas bisa dinikmati oleh empat orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.