15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Putu Mayang Betawi Sedap Mantap

Menu Internasional - Suka jajanan tradisional khas Nusantara? Atau bahkan ingin melestarikan kue-kue tradisional yang sekarang semakintersisihkan dengan budaya masakan instan? Kami sangat mendukung anda untuk mempertahankan tradisi masakan Nusantara. Resep makanan ringan bagus putu mayang menjadi pilihan yang sempurna untuk anda coba di rumah. Pasalnya sekarang para pedagang jajanan sudah mulai meninggalkan makanan ringan bagus tradisional yang satu ini. Meskipun masih ada yang menjual atau membuatnya biasanya memakai materi bihun yang pastinya akan merubah rasa aslinya. Kue putu mayang ialah makanan ringan bagus lembap khas Betawi yang mempunyai bentuk unik menyerupai mi dengan warna-warni yang unik sehingga bisa menggugah selera. Saat penyajian makanan ringan bagus ini disajikan dengan kuah santan bagus yang memperlihatkan perpaduan rasa yang unik.

Nama makanan ringan bagus ini jikalau dibaca sekilas menyerupai dengan makanan ringan bagus putu ayu, namun pastinya berbeda baik rasa maupun penyajiannya. Kue putu ayu tidak disajikan dengan kuah, hanya ditaburi dengan parutan kelapa untuk menampilkan rasa gurih. Namun persamaannya ialah makanan ringan bagus putu mayang juga dibentuk dengan bahan-bahan yang sederhana, sekaligus prosesnya juga sangat gampang dipraktekkan. Kemudian untuk resep kali ini kami masih memakai bahan-bahan yang orisinil sehingga rasa dan bentuknya kami harapkan sama dengan yang ada selama ini. Kaprikornus jikalau anda yang ingin mencoba atau setidaknya ingin tahu menyerupai apa rasa dari makanan ringan bagus putu mayang ini, inilah ketika yang sempurna untuk mencoba.

Semoga resep yang kami berikan kali ini tidak hanya menjadi koleksi resep anda, namun bisa menjadi salah satu cara kami untuk membantu melestarikan budaya masakan Nusantara. Jangan hingga budaya masakan kita yang kaya tergerus oleh budaya masakan instan yang ketika ini menjadi tujuan kaum urban di negeri kita ini. Jadikan masakan orisinil Nusantara primadona di negeri sendiri. Dan berikut ini kami berikan resep nya untuk anda.

 Suka jajanan tradisional khas Nusantara Resep Cara Membuat Putu Kanya Betawi Sedap Mantap

Bahan-bahan :
  • 500 ml air
  • 500 gram tepung beras
  • 250 gram tepung kanji
  • 250 ml santan kental

Bahan kinca/saus gula :
  • 500 ml santan kental
  • 3 lembar daun pandan
  • 250 gram gula merah
  • 1 sendok makan tepung beras ketan (larutkan)
  • 100 gram gula pasir
  • Garam secukupnya

Catatan : - ketika memasak santan gunakan api kecil supaya santan tidak pecah
                 - supaya lebih menarik bisa divariasi degan banyak sekali warna sesuai selera

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung beras bersama tepung kanji, aduk-aduk hingga tercampur rata, kemudian tuang dengan santan. Selanjutnya panaskan dan aduk hingga gabungan materi mengental, kemudian angkat. Cetaklah adonan yang sudah jadi memakai cetakan untuk menciptakan makanan ringan bagus putu mayang, kemudian kukus hasil cetakan hingga matang (jangan terlalu lama).
  2. Membuat saus gula/kinca : didihkan santan kental bersama dengan daun pandan. Kemudian masukkan gula merah, gula pasir dan garam. Masak lagi dan kentalkan dengan menambah kan larutan tepung ketan. Jika sudah segera angkat dan diamkan supaya dingin.
  3. Penyajian : sajikan putu mayang bersama kinca atau saus gula merah.

Nah sangat gampang kan menciptakan putu mayang yang lezat. Kali ini materi yang disediakan bisa disajikan untuk 4-5 orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.