15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Bugis Ubi Ungu


Neti Recipes

Kue Bugis merupakan salah satu masakan jajanan pasar yang di kenal oleh banyak orang, camilan elok yang berbahan dasar tepung ketan putih ini awalnya tidak terlalu bervariasi bentuknya.

Kue yang di bentuk bundar dengan rasa yang gurih dan di isi unti kelapa gula merah yang elok di dalamnya, kemudian di bungkus dengan dengan daun pisang dengan bentuk bungkus yang mirip piramida.

Ternyata camilan elok Bugis ini juga merupakan camilan elok yang biasanya di sajikan ketika lebaran dan merupakan salah satu camilan elok khas masyarakat Betawi yang akan melangsungkan pernikahan.


Jajanan Pasar Kue Bugis

Tidak ada yang tahu asal permintaan nama camilan elok Bugis ini, tetapi camilan elok Bugis di kenal dengan nama serta cara membungkus yang berbeda-beda di setiap daerah.

Di kawasan Jawa, camilan elok bugis lebih dikenal dengan nama camilan elok Mendut. Disebut Lapek bugis di kawasan Sumatra barat atau Padang. Meskipun begitu materi dasar untuk menciptakan camilan elok bugis yaitu sama yakni dari tepung ketan putih.

Namun seiring banyaknya variasi kuliner, dikala ini camilan elok bugis juga sanggup di buat dari materi ubi ungu dengan adonan tepung ketan putih, dan untuk isian khasnya biasa memakai unti atau enten kelapa.

Isian camilan elok bugis yakni unti atau enten kelapa, di buat dari kelapa muda yang di parut kemudian di masak bersama gula merah hingga tercampur rata hingga menghasilkan rasa yang elok dan aroma yang harum.

Kali ini aku mencoba menciptakan camilan elok Bugis dengan variasi adonan ubi ungu, serta tidak di bungkus memakai daun pisang tetapi wadah bugis di buat dari daun pandan yang di bentuk kotak. Berikut resep camilan elok bugis ubi ungu :
Baca Juga : Resep Mochi Kacang Merah

Bahan-bahan Bugis Ubi Ungu :

  • 200 gram ubi ungu
  • 250 gram tepung ketan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml santan hangat

  • Bahan-bahan untuk isian Bugis :
  • Kelapa muda parut
  • Gula pasir
  • Garam halus
  • Daun Pandan


Cara Membuat Kue Bugis Ubi Ungu

  1. Campurkan kelapa muda yang di parut dengan gula pasir dan garam halus, beri daun pandan yang di simpulkan kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit

  2. Tuang santan ke dalam panci, kemudian masak sebentar tidak perlu hingga mendidih. Angkat kalau sudah hangat

  3. Haluskan ubi ungu memakai garpu atau alat penghalus lainnya, tambahkan gula pasir kemudian aduk hingga rata

  4. Masukkan tepung ketan putih sedikit demi sedikit, aduk dan uleni memakai tangan

  5. Tuangkan santan hangat sedikit-sedikit bergantian dengan tepung ketan putih sambil terus di uleni hingga adonan sanggup di bentuk

  6. Ambil adonan sedikit, bulatkan kemudian beri isian kelapa yang sudah di kukus

  7. Masukkan adonan yang sudah diberi isian ke dalam wadah pandan yang sudah di olesi minyak dan kukus selama 20 - 25 menit hingga matang

  8. Angkat dan sajikan

  9. Angkat dan sajikan

Bugis Ubi Ungu, varian camilan elok tradisional yang menarik

Kue bugis ubi ungu ini cukup gampang di buat sendiri di rumah.

Rasa khas ubi ungu cukup terasa, rasanya gurih dan elok dari isian kelapa muda kukus. Untuk menciptakan wadah pandannya pun tidak terlalu sulit.

Ada tekstur sedikit kenyal yang berasal dari tepung ketan putihnya tetapi cukup nikmat dan bervariasi alasannya yaitu di campurkan dengan ubi ungu.

Saya terbilang cukup sering menyantap camilan elok bugis, di karenakan jajanan pasar yang satu ini masih banyak di temui di pasar tradisional.

Tetapi untuk tekstur dan rasa, aku lebih menyukai camilan elok bugis dengan adonan ubi ungu di dalamnya. Kalau kau ? pilih yang mana ?