15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa Mixer

Teman-teman Neti Recipes
Saya sangat menyukai bolu yang satu ini, sanggup di bilang bolu ini ialah salah satu bolu favorit aku ^_^

Tekstur bolunya yang ibarat sarang semut inilah yang kesudahannya di sebut juga dengan nama Bolu Sarang Semut.

Karena materi utamanya juga merupakan gula pasir yang di cairkan yang pastinya ini salah satu langkah dalam pembuatan karamel, maka bolu ini juga di sebut Bolu Karamel.

Tentunya sebutan di setiap kawasan mungkin berbeda ya,, tetapi Bolu Karamel Sarang Semut ini sudah sangat populer sekali hingga keluar Indonesia.

Bolu ini juga sering kita jumpai di jual di pasar-pasar tradisional dalam kemasan cup yang sedang atau kecil. Apa nama sebutan bolu ini di kawasan tempat tinggal teman-teman ??

 Saya sangat menyukai bolu yang satu ini Resep Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa MIXER

Bolu Karamel Aka Bolu Sarang Semut

Sarang Semut Yang Nyaraangg Bangeettt!!

Bolu Karamel atau Bolu Sarang Semut merupakan salah satu varian bolu yang menjadi favorit semua orang.

Ternyata cara membuatnya pun cukup mudah, ini sesudah aku coba sendiri di rumah ya ^_^

Resep yang aku bagikan kali inipun ialah resep Bolu Karamel TANPA MIXER dan praktis. Meskipun butuh waktu yang agak usang sedikit dalam proses pembuatannya.

Tetapi tentunya Bolu Karamel Sarang Semut sanggup teman-teman buat saat waktu senggang sambil santai di rumah.

InsyaAllah Bolu Karamel yang satu ini sanggup menjadi suplemen sajian untuk jamuan keluarga atau para tamu yang singgah di rumah ^_^

Tekstur Bolu Karamel Sarang Semut yang aku buat ini, berdasarkan aku teksturnya lembut, anggun dan sedikit kenyal.

Ya.. dan Nyarang bangett ^_^

Ketika di makan, bab dalam Bolu terlihat berlubang-lubang yang persis membentuk sarang semut. Resep kali ini insyaAllah sanggup menjadi salah satu resep andalan di keluarga aku lagi ^_^


 Saya sangat menyukai bolu yang satu ini Resep Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa MIXER

Baca Juga : Bolu Ketan Item Kukus

Bahan-bahan Bolu Karamel :

  • 130 gram Tepung Terigu
  • 4 butir telur
  • 90 gram Margarin
  • 1 sendok makan Tepung Sagu
  • 1 sendok teh Soda Kue atau Baking Soda
  • 2 sachet Susu Kental Manis

Bahan-bahan Karamel :

  • 250 gram Gula Pasir
  • 300 ml air biasa

 Saya sangat menyukai bolu yang satu ini Resep Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa MIXER

Cara Membuat Bolu Karamel

  1. Membuat Karamel : Masukkan 250 gram gula pasir ke dalam wajan anti lengket, panaskan hingga gula pasir meleleh tetapi jangan di aduk, cukup wajan di goyang perlahan.

  2. Setelah meleleh, tuang 300 ml air bertahap hingga habis, tunggu hingga gabungan air dan karamel mendidih dan berbusa. Angkat dan dinginkan

  3. Lalu lelehkan margarin dan dinginkan

  4. Menunggu karamel dan margarin dingin, siapkan tepung terigu, campur dengan tepung sagu dan soda kue. Aduk hingga merata, sisihkan

  5. Kocok lepas 4 butir telur, sisihkan sebentar

  6. Dalam wadah besar, masukkan gabungan tepung terigu kemudian tuangkan cairan karamel bertahap sambil di aduk merata

  7. Masukkan telur yang sudah di kocok lepas sedikit demi sedikit, aduk rata

  8. Masukkan 2 sachet susu kental anggun dan margarin kemudian aduk kembali hingga benar-benar merata

  9. Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan ditaburi tepung terigu, tutup dan diamkan selama kurang lebih 1 jam

  10. Setelah 1 jam, panaskan oven. Panggang bolu karamel selama 30 menit di suhu 160 derajat celsius dengan pintu panggangan sedikit terbuka

  11. Setelah 30 menit, panggang lagi selama 30 menit dengan pintu tertutup hingga permukaan masakan ringan anggun kering dan tidak berair lagi. Tanda masakan ringan anggun sudah matang, jikalau kurang yakin sanggup gunakan tes tusuk ya..

  12. SELAMAT MENCOBA ^_^

 Saya sangat menyukai bolu yang satu ini Resep Bolu Karamel Sarang Semut Tanpa MIXER

Bolu Karamel Yang Pas di Lidah

Betul,, resep yang aku bagikan berikut ini, sudah aku coba di rumah ya ^_^

Saya memasukkan 1 sendok makan tepung sagu kedalam gabungan tepung terigu, atau juga sanggup memakai tepung beras ketan putih sebagai penggantinya.

Hal ini bertujuan semoga Bolu Karamel Sarang Semut sedikit mempunyai tekstur yang kenyal, ibarat Bolu Karamel yang ada di jual di pasar-pasar tradisional.

Nostalgia rasa dan teksturnya lagi,, alasannya ialah dulu selalu meminta di belikan ini setiap kali ibu aku kepasar ^_^

Untuk manisnya di sesuaikan dengan selera masing-masing ya,, Kalau resep yang aku bagikan ini, masih berdasarkan aku ialah rasa manisnya pas. Jika teman-teman suka manis, silahkan di tambah lagi gula pasirnya ya ^_^

Dan aku hanya memakai 2 sachet susu kental anggun untuk membuat rasa legitnya. Teman-teman sanggup pake 3 atau 4 sachet ya, tergantung selera.

Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D