15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Kuliner Martabak Har Khas Kota Palembang

Palembang mempunyai bermacam-macam masakan khas antara lain pempek, tekwan, celimpungan, mie celor, es kacang merah, dan masih banyak lagi. Salah satunya yaitu martabak HAR, jalan-jalan ke kota Palembang belum lengkap kalau belum merasakan masakan yang satu ini. Martabak HAR diambil dari nama penciptanya pertama kali yaitu Haji Abdul Rozak, seorang ulama keturunan India di Kota Palembang, jadi tidak heran bila martabak HAR di iringi dengan makanan khas india lainnya menyerupai nasi biryani, roti cane dan lain-lain.

Sama halnya dengan pempek dan masakan lainnya, martabak HAR yaitu salah satu masakan yang sangat terkenal di kota Palembang. Martabak HAR merupakan masakan yang di sajikan dengan kuah kari yang kental dengan irisan daging serta kentang yang dipotong kecil-kecil, dimasak sedemikian rupa menggunakan rempah-rempah kari yang harum serta menggugah selera. 

 Palembang mempunyai bermacam-macam masakan khas antara lain pempek Kuliner Martabak HAR khas kota Palembang
martabak HAR yang disajikan dengan kuah kari serta kecap asin

Untuk martabak dibentuk dengan cara menyiapkan kulitnya terlebih dahulu yang hampir menyerupai mirip kulit pastry tetapi lebih elastis, kulit tersebut akan dilebarkan di sebuah meja konter terlebih dahulu. Karena elastis, kulit tersebut sanggup dilebarkan tanpa terkoyak sedikitpun. Kemudian ditambahkan telur ayam atau telur angsa di tengah-tengah kulit kira-kira sebanyak 1-2 butir, kulit ditutup rapat dan dengan hati-hati di pindahkan ke atas wajan datar yang lebar yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan sedikit minyak sayur. Digoreng sampai kulit kuning kecoklatan, kemudian di potong terlebih dahulu sampai jadinya mendarat ke atas piring saji. 

Martabak akan disajikan bersama kuah kari daging dan 1 mangkuk kecil kecap asin dengan irisan cabai hijau di dalamnya, sebagai suplemen biasanya juga disajikan dengan sate ayam serta minuman teh botol atau es kacang merah serta banyak sekali minuman lainnya sesuai ajakan pembeli.

 Palembang mempunyai bermacam-macam masakan khas antara lain pempek Kuliner Martabak HAR khas kota Palembang
Siap disantap hehhehe :D

Ada 2 outlet yang sanggup anda kunjungi untuk merasakan kelezatan martabak HAR ini, outlet yang gampang dijangkau terletak di sentra kota yaitu di Jalan Jendral Sudirman persis di depan Masjid Agung Palembang serta di bundaran air mancur kota Palembang. Dan yang satunya lagi terletak di tempat Simpang Sekip, yang mempunyai parkiran yang cukup luas. Selain martabak HAR, tentunya anda sanggup memesan hidangan khas india lainnya dan juga hidangan india berupa nasi biryani pada hari jum'at.

Makara kalau berkunjung ke Palembang sempatkan diri anda untuk menikmati masakan khas india yang satu ini. So, Please Enjoy Your Tour :D