15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Oncom Sangrai Citarasa Nikmat Dan Lezat

Menu Internasional - Membuat kuliner dengan materi yang murah bukan berarti tidak mempunyai citarasa yang nikmat. Hal ini bisa dibuktikan dengan resep yang akan kami bagikan kali ini. Resep yang bisa anda coba di rumah kali ini ialah resep oncom sangrai. Ya oncom memang bukan materi kuliner yang mahal, namun kuliner dari materi oncom akan memberi citarasa yang tak kalah nikmat dengan kuliner yang lain. Oncom sendiri merupakan makanan tradisional orisinil Nusantara yang sangat dikenal di kawasan Jawa Barat. Makanan murah in merupakan hasil fermentasi yang terjadi oleh proses beberapa jenis kapang, prosesnya sendiri hampir seolah-olah dengan pengolahan tempe. Yang membuatnya berbeda ialah jikalau oncom bisa diolah sehabis menghasilkan spora, sedangkan tempe bisa dijual sebelum menghasilkan spora.

Meskipun materi untuk menciptakan kuliner kali ini sangat murah, namun kandungan gizi yang terdapat pada oncom tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam hal ini oncom bisa menjadi alternatif yang baik sebagai asupan gizi dengan harga yang murah. Oncom dikatakan mengandung karbohidrat dan protein yang tercerna dan cukup tinggi. Selain itu populasi kapang yang memproses oncom bisa menekan produksi aflaktoksin yang mencemari bungkil. Kaprikornus jangan ragu untuk menyebabkan oncom sebagai laternatif materi kuliner yang sehat, meskipun tampilan dari oncom ini terlihat tidak menarik.

Membuat oncom sangrai sangat mudah, materi yang dipakai terbukti sangat murah dan bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional. Bumbu-bumbu yang dipakai juga sangat mudah, semua yang ada di dapaur sebagai bumbu sehari-hari bisa untuk menciptakan kuliner yang nikmat ini. Selain itu proses menciptakan oncom sangrai juga sangat mudah, anda semua yang gres berguru memasak juga niscaya bisa untuk membuatnya, dan mudah-mudahan rasanya juga nikmat.

 Membuat kuliner dengan materi yang murah bukan berarti tidak mempunyai citarasa yang nikmat Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

Nah untuk anda yang ingin menciptakan kuliner yang satu ini, segera saja siapkan semua materi yang diharapkan pada resep yang akan kami bagi seaat lagi, kemudian siapkan juga peralatan yang diperlukan. Nah ketika ini kami akan segera membagikan resep oncom sangrai yang sederhana. Untuk itu simak saja resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 200 gram oncom
  • 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu-bumbu :
  • 7 butir bawang merah (diiris tipis)
  • 4 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 4 buah cabe rawit merah (diiris tipis)
  • 4 buah cabe merah keriting (diiris tipis)
  • 2 cm lengkuas (diiris tipis)

Bahan embel-embel :
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh debu kaldu ayam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Oncom ditumbuk sampai hancur, kemudian sisihkan. Panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu-bumbu irisan dan daun salam sampai keluar aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan oncom yang sudh ditumbuk tadi, masak dengan api kecil dan aduk-aduk sampai oncom mulai matang. Masukkan garam, debu kaldu ayam dan kecap manis. Aduk-aduk lagi semua gabungan materi tersebut masih dengan memakai api kecil sampai oncom matang dan kering, kemudian segera angkat.

Oncom sangrai sudah jadi, sangat gampang dan cepat bukan? Kini anda sekeluarga bisa menikmati hasil kuliner yang pastinya nikmat dan lezat. Masakan yang telah jadi di atas sanggup disajikan untuk empat orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.