15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Ku Orisinil Isi Kacang Hijau Rasa Mantap

Menu Internasional - Hari ini kita akan kembali menciptakan resep camilan manis tradisional. Kue Ku ialah nama camilan manis yang akan kita jelaskan cara membuatnya. Namun sebelum hingga kepada resep camilan manis ku ada baiknya anda mengetahui asal-usul camilan manis nan anggun ini. Sebenarnya camilan manis ku ini bukan merupakan masakan atau jajanan camilan manis orisinil Indonesia, namun keberadaan camilan manis ini memang sudah cukup usang dikenal dan dibentuk di Indonesia. Kue Ku berasal dari masakan tradisional Tionghoa yang dibawa masuk ke Indonesia pada masa lalu. Namun keberadaannya ketika ini masih sangat gampang di dapatkan. Nama camilan manis ini sebetulnya ialah Ang Ku Kue. Ang berarti merah, Ku artinya kura-kura. Bentuknya sendiri memang agak bundar lonjong warna umumnya merah, bila dilihat sekilas ada relief layaknya tempurung kura-kura.

Kue Ku ini biasanya akan banyak kita lihat ketika menjelang tahun gres Imlek, biasanya berdasarkan budaya Tionghoa camilan manis ini dibentuk untuk sarana sembahyang, atau terkait dengan budaya Tionghoa yang lain. Hingga ketika ini camilan manis ku tidak hanya sanggup dinikmati oleh orang Tionghoa saja sebab sekarang sudah banyak camilan manis ku yang dijual di pasar-pasar tradisional sebagai jajanan pasar tradisional. Makara bagi anda yang kebetulan ingin menikmati camilan manis ini dan erat dengan pasar tradisional, coba cari saja biasanya gampang ditemukan. Namun anda harus teliti sebab warna camilan manis yang mencolok, mudah-mudahan yang anda beli tidak memakai pewarna yang tidak bagus, atau mengandung pengawet berlebihan. Namun disamping itu camilan manis ini memang sangat menarik dari bentuk fisik maupun rasanya.

Dari sisi warna camilan manis ini sekarang sudah banyak sekali variasinya, ada warna hijau dan banyak warna yang lain, bahkan ada yang dibentuk dengan variasi tiga warna. Isi dari camilan manis ini juga bermacam-macam, ada yang berisi kacang hijau, ada yang berisi kentang, ada juga yang berisi kacang tanah yang di halus kan. Semua tergantung pada selera si pembuatnya, namun yang aslinya ialah berisi kacang hijau. Kue Ku ini dalam budaya Tionghoa melambangkan aneka macam macam aspek ibarat lambang kebahagiaan, kekuatan dan kemakmuran yang diwakili dengan warna merah. selain itu camilan manis ini juga sanggup melambangkan panjang umur dan keabadian, hal ini sanggup dilihat dari bentuk kura-kura yang dikenal berumur panjang.

 Kue Ku ialah nama camilan manis yang akan kita jelaskan cara membuatnya Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap

Nah setelh banyak klarifikasi yang sanggup diambil dari camilan manis Ku ini, sekarang saatnya menawarkan yang anda tunggu-tunggu yaitu resep Istimewa yang segera akan kami bagikan. Resep kita kali ini akan kami bagikan di Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap. Yuk kita simak sama-sama resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 300 gram tepung ketan
  • 75 gram gula halus
  • 250 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh garam
  • Perwarna merah masakan secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
Bahan isi :
  • 200 gram kacang hijau kupasan (direndam selama 4 jam dan tiriskan)
  • 100 gram gula halus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap :
  1. Membuat isi camilan manis : Rebus kacang hijau hingga matang, campur kacang hijau dengan gula halus, garam dan vanili, kemudian tumbuk adonan tersebut hingga halus.
  2. Membuat kulit camilan manis : campur tepung ketan dengan gula halus dan garam, kemudian aduk-aduk hingga rata. Kemudian  tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk-aduk adonan tersebut hingga kalis, selanjutnya tambahkan pewarna camilan manis secukupnya.
  3. Ambil satu sendok makan adonan kulit, berilah isi kacang hijau ditengah nya, kemudian cetak lah adonan dan isi memakai cetakan camilan manis ku yang sudah ditaburi dengan tepung ketan dan di beri bantalan daun pisang. Kukuslah camilan manis adonan tersebut hingga matang, kemudian angkat.
Nah camilan manis ku orisinil sudah selesai dibentuk dan siap untuk dipakai dalam aneka macam keperluan atau untuk dimakan sebagai cemilan. Untuk bahan-bahan yang sudah disediakan diatas sanggup menghasilkan 18 buah camilan manis ku. Sebagai selesai kata tak lupa kami ucapkan selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Note : 
  • Untuk menghasilkan camilan manis yang gurih, ganti air hangat dengan santan.
  • Saat mengukus camilan manis jangan sering buka tutup kukusan dan lapisi tutup denga kain semoga air tidak mengenai adonan.
  • Agar terlihat lebih anggun dan mengkilap olesi camilan manis yang sudah matang dengan minyak.