15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Makanan Ringan Cantik Jongkong Khas Bangka Belitung #2

Menu Internasional - Di waktu yang baik ini kita masih akan membagikan resep camilan cantik tradisional Nusantara. Setelah beberapa dikala yang kemudian kita membahas camilan cantik jongkong, kali ini kita akan mmbahas perihal resep camilan cantik jongkong bab kedua. Kue jongkong ini merupakan camilan cantik tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Resep camilan cantik jongkong ini diduga merupakan resep bebuyutan dari nenek moyang yang sampai sekarang masih dijaga kelestarian nya. 

Ciri khas dari camilan cantik jongkong yang orisinil mempunyai tiga lapisan warna yang sangat khas yaitu bab paling bawah berwarna hitam, dibagian tengah hijau pandan dan bab paling atas berwarna putih. Ke khas-an yang dimiliki menciptakan sebagian orang susah melupakan camilan cantik tradisional yang satu ini. Satu lagi yang menjadi ciri khas camilan cantik jongkong yang orisinil yakni memakai materi pewarna alami bukan pewarna buatan, dan tentu saja tidak memakai materi pengawet. Warna hitam yang ada pada lapisan terbawah memakai gula merah yang dihaluskan, warna hijau berasal dari pandan sekaligus sebagai pengharum aroma, sedangkan bab warna putih yakni perpaduan antara tepung dan santan.

Dari segi pembuatan  kue jongkong masuk kategori camilan cantik yang sangat gampang dibuat, begitu pun dengan bahan-bahan pembuatnya sangat banyak tersedia di warung-warung terdekat. Kue ini sekaligus sebagai ajang untuk anda yang ingin berguru memasak, sekaligus berguru untuk tetap melestarikan kue tradisional Nusantara yang keberadaannya dikala ini sangat memprihatinkan. Serbuan masakan instan dan masakan kecil dikala ini sudah bisa mendesak hilangnya banyak sekali macam kekayaan masakan orisinil Indonesia. Harapan kami dengan adanya resep-resep camilan cantik tradisional ini bisa menggugah generasi muda untuk ikut melestarikan kekayaan masakan Nusantara.

Nah sehabis bicara berkepanjangan kali ini dikala nya kita membagikan resep camilan cantik tradisional yang sangat fenomenal ini. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat dan sesuai dengan selera anda. Resep kita kali ini akan kami bagikan di Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung #2. Yuk pribadi saja kita simak resep yang berikut ini.

 Di waktu yang baik ini kita masih akan membagikan resep camilan cantik tradisional Nusantara Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung #2
Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung beras
  • 500 gram tepung tapioka
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • 3 sendok makan gula merah (disisir)
  • Garam halus secukupnya
  • Air perasan daun suji (atau pewarna hijau makanan, jikalau mau)
  • 1/2 butir kelapa muda
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung #2 :
  1. Campur tepung beras bersama dengan tepung tapioka dan air kapur sirih. Lalu masukkan gula merah serta garam, kemudian tuangkan santan yang telah diberi daun pandan dan aduk-aduk sampai campuran kalis dan mengental.
  2. Selanjutnya tuangkan air daun suji (untuk memberi warna hijau) dan aduk-aduk sampai rata. Tuangkan 1 sendok sayur campuran ke atas daun pisang, kemudian bungkus. Kukus lah campuran tersebut sampai matang dan angkat kemudian masbodoh kan. Iris tipis kemudian sajikan dengan taburan kelapa parut.
Nah Kue jongkong sudah final dibuat, biar resep camilan cantik kali ini sesuai dengan selera dan cita-cita anda semua. Bahan-bahan di atas bisa di buat untuk 20 buah kue. Selamat mencoba dan berkreasi.