15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Cimol Kenyal Khas Bandung

Cara Membuat Cimol- Hai bunda? kali ini aku akan menyebarkan resep menciptakan cimol khas bandung yang terang sangat simple dan gampang untuk di buatnya, perlu bunda ketahui cimol merupakan cemilan dari kawasan bandung, nama cimol sendiri berasal dari kata aci di gemol dari kata itu menjadi cimol, ciri khas cimol sendiri yaitu makanan yang kenyal dan memiliki bentuk bulat.

Sebagai bumbu pemanis biasanya cimol di beri bumbu tabur, adapun rasa bervariasai dari rasa pedas, asin, keju, balado, pizza dan masih banyak lagi rasa yang lainnya. untuk bumbunya tabur sudah banyak di jumpai di toko camilan bagus dan pasar, jadi bunda tidak perlu khuwatir kesulitan mencari bumbu taburnya.

Cimol bukan hanya populer di kawasan aslinya tapi juga sudah populer se antero negeri terbukti dengan banyaknya penjual cimol di pinggiran jalan, cimol yang di jual harganya biasanya variatif mulai dari Rp 100/- per biji.

Cimol lebih lezat di sajikan dalam keadaan hangat, pada ketika keadaan hangat cimol akan terasa lebih gurih dan kenyal di potongan dalamnya, sedangkan pada ketika masbodoh cimol akan terasa lembek, hal itu di sebabkan cimol mengempis.


Jika bunda masih kesulitan untuk memperoleh bumbu tabur, bunda dapat menggantinya dengan saus atau mayaones, dapat juga dengan kecap yang di beri potongan cabe rawit. untuk kekenyalan cimol sendiri berasal dari aci, aci memberi unsur khas pada cimol selain rasa kenyal aci juga menambah besar lengan berkuasa aroma cimol.

Bagi bunda yang ingin tau cara menciptakan cimol yang lezat maka kali ini aku akan menyebarkan cara menciptakan cimol dan bahan-bahan untuk menciptakan cimol yang kenyal dan gurih, resep kali ini sedikit aku permudah biar bunda dapat lebih memahaminya.

Selain resep cimol bunda juga dapat melihat banyak sekali resep makanan indonesia di lumbungresep.blogspot.com, sebelum membuatnya mari kita persiapkan bahan-bahan untuk menciptakan cimol.

Bahan-bahan Membuat Cimol Kenyal Khas Bandung

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Aci
300 gram
Tepung tapioca+ kanji
2
Daun bawang
1 batang
Iris tipis-tipis
3
Minyak
Secukupnya
Untuk menggoreng
4
Aci
Secukupnya
Untuk taburan
5
Bumbu tabor
Secukupnya
Gunakan rasa favorit
6
Air
400 ml
Gunakan air matang
7
Merica
½ sendok kecil
-
8
Ketumbar
1 sendok makan
Haluskan
9
Bawang putih
4 siung
Haluskan
10
Minyak
1 sendok makan
Untuk materi cimol

Cara Membuat Cimol Kenyal  Khas Bandung

  • Siapkan panci.
  • Masukan 100 gram aci kedalam panci, masukan juga ketumbar dan bawang putih yang sudah di haluskan.
  • Masukan garam Secukupnya Masukan juga 1 sendok makan minyak, aduk hingga semua materi tercampur rata kedalam panci yang sudah disiapkan bersama campuran acinya.
  • Nyalakan api sambil terus di aduk aduk, angkat ketika sudah mengental dan berwarna keputihan. matikan api, diamkan sebentar
  • Masukan irisan daun bawang kemudian di aduk aduk tambahkan lagi aci 200 gram, aduk lagi tambahkan air sedikit saja hingga campuran kalis.
  • Ambil sedikit campuran kemudian buat membulat, sehabis banyak taburi dengan aci sedikit saja supaya tidak lengket.
  • Goreng dengan minyak yang banyak, bolak balik biar matang.
  • Selesai.
Nikmti cimol selagi hangat lantaran bila sudah masbodoh cimol akan lembek, untuk materi cocolannya dapat mengunakan sause tomat atau dengan kecap bagus dan sedikit irisan cabe rawit. pada proses penggorengannya lebih baik gunakan minyak dengan jumlah yang banyak dan dengan api yang panas.

Selain resep menciptakan cimol lihat juga aneka Resep Masakan Nusantara dengan ringkasan yang lebih gampang dan bahan-bahan yang sederhana.

Kunjungi juga resep-resep lainnya menyerupai Resep Bakso Goreng Sederhana.