15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Camilan Elok Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Menu Internasional - Dari namanya saja camilan cantik tradisional ini sudah unik, camilan cantik mata bagong. Jika anda salah satu pecinta budaya pewayangan niscaya tau tokoh punakawan yang namanya Bagong kan? Nah lihat deh matanya, besar merah dan bulat, itu citra yang didapat dari tokoh pewayangan. Nah kali ini kita akan menciptakan mata bagong yang sanggup di makan. Makara kali ini kami akan berikan resep cara menciptakan camilan cantik bagong yang unik dan nikmat. Masih belum kebayang bagaimana bentuk nya? Lihat wayang dulu samapai adegan Gara-gara (Goro-goro) nanti si punakawan akan segera muncul. Lalu lihat benar gimana bentuk mata bagong kemudian baca resep yang kami berikan dan coba niscaya jadi. Namun sayangnya goro-goro biasanya muncul dikala tengah malam.

Untuk menciptakan camilan cantik mata bagong ini sebetulnya sangat mudah, hanya dengan membayangkan mata bagong yang lingkaran dan besar anda sudah tau bagaimana bentuknya. Bahan yang dipakai juga sangat gampang di dapatkan, dan sangat alami. Bahan utama menciptakan kue tradisional ini yakni singkong dan pisang. Bahan yang lain yakni materi pemanis camilan cantik yang banyak dijual di warung-warung. Intinya baik materi maupun cara menciptakan camilan cantik mata bagng sangat gampang dan sederhana. Makara tunggu apa lagi segera siapkan materi dan peralatan untuk membuatnya. 

Makanan ini sangat cocok disajikan sore hari sambil menikmati udara segar dan bersantai. Jika anda bersantai ditemani dengan teh atau kopi dan biskuit itu sudah lumrah di jaman sekarang. Tapi nongkrong santai di temani dengan teh dan camilan cantik tradisional camilan cantik mata bagong nan nikmat itu sangat langka dijaman digital dikala ini. Namun anda masih tetap sanggup menikmati cemilan tradisional ini dengan menciptakan sesuai resep yang akan kami bagikan kali ini. Nah jikalau anda sudah tidak sabar ingin segera menikmatinya simak saja resep camilan cantik yang satu ini.

 Dari namanya saja camilan cantik tradisional ini sudah unik Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Bahan-bahan :
  • 1300 gram singkong
  • 1/2 butir kelapa muda, sebagai materi gabungan (kupas kulit ari dan parut)
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili
  • Pewarna masakan (dua warna, umumnya merah dan hijau)
  • 4 buah pisang tanduk (dikukus sampai matang)
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • 1/2 butir kelapa muda, sebagai taburan (kupas dan parut memanjang)

Cara membuatnya :
  1. Parut singkong kemudian campurkan dengan kelapa parut (bahan capuran), gula pasir, garam dan vanili. Lalu bag adonan yang sudah dicampur tadi menjadi dua bagian, kemudian beri warna satu bab dengan pewarna merah, dan satu bab lagi dengan warna hijau. Aduk-aduk masing-masing bab sampai rata.
  2. Ambil selembar daun pisang, kemudian beri dengan 1/2 bab adonan warna merah dan 1/2 bab adonan warna hijau kemudian ratakan. Selanjutnya letakkan pisang tanduk yang sudah dikukus ditengahnya, kemudian gulung sampai terbungkus dalam daun, kemudian sematkan lidi di ujung untuk menutup. Lakukan hal serupa dengan sisa adonan yang ada.
  3. Terakhir kukus adonan yang sudah dibungkus tadi memakai api besar selama kurang lebih satu jam atau sampai camilan cantik matang. Angkat camilan cantik yang sudah matang dan biarknan beberapa dikala sampai dingin. Sajikan camilan cantik dengan dipotong-potong kemudian taburi memakai kelapa parut.

Catatan : gunakan daun pisang kerikil dengan penampang daun yang lebar, jemur dahulu biar daun layu sehingga tidak gampang sobek dan patah dikala digunakan.

Nah camilan cantik sudah sanggup dinikmati bersama keluarga atau sahabat untuk mengisi waktu santai anda. Dari materi yang disediakan di atas sanggup untuk menciptakan empat bungkus kue. Selamat mencoba dan terus berkreasi.