15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Bubur Tinutuan Khas Manado

Menu Internasional - Masih membahas wacana hidangan masakan yang berbahan dasar beras, kali ini kita akan menciptakan bubur yang sangat menarik dengan nama Bubur Tinutuan atau Bubur Manado. Tinutuan ini merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Manado Sulawesi Utara. Namun beberapa orang menganggap bahwa tinutuan ini berasal dari tempat Minahasa. Tinutuan sendiri ialah percampuran banyak sekali macam sayuran, tanpa mengandung unsur daging atau hewani. Di tempat asalnya bubur ini dijadikan masakan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado. Umumnya tinutuan ini disajikan untuk sarapan pagi dengan banyak sekali materi pelengkapnya. Untuk melihat hidangan bubur yang lain dapat anda lihat di hidangan masakan Aneka Bubur.

Tidak ada sejarah yang dapat menjelaskan mengenai kata tinutuan sendiri, bahkan semenjak kapan tinutuan menjadi masakan khas Manado juga tidak diketahui dengan jelas. Namun beberapa orang menjelaskan bahwa tinutuan mulai menggeliat dan diperdagangkan di beberapa tempat di kota Manado semenjak tahun 1970-an, ada juga yang menyampaikan tinutuan mulai dikenal semenjak 1980-an. Namun terlepas dari beberapa versi mengenai keberadaan tinutuan ini, semenjak masa pemerintahan kepala tempat periode 2005-2010, moto kota Manado berubah dari Berhikmat menjadi Tinutuan. Pada periode tersebut pemerintah tempat meneapkan bahwa Wakeke yang berada di kecamatan Wenang menjadi lokasi wisata masakan khas tinutuan.

Nah bagi anda yang suka masakan atau Cara Membuat Bubur Tinutuan Khas Manado dalam artikel berikut ini. Yuk kita simak sama-sama.


Bahan-bahan :
  • 300 gram beras (dicuci sampai bersih)
  • 1,7 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai (digeprak atau dimemarkan)
  • 400 ml santan kental
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 200 gram labu kuning (dipotong bentuk dadu)
  • 200 gram ubi jalar (dipotong bentuk dadu)
  • 2 tongkol jagung anggun (disisir dengan pisau)
  • 150 gram bayam (disiangi)
  • 75 gram daun melinjo
  • 5 tangkai daun kemangi (ambil daunnya saja)
Cara Membuat Bubur Tinutuan Khas Manado :
  1. Rebuslah beras memakai air beserta dengan daun salam dan serai sampai lunak, kemudian tambahkan santan dan garam, kemudian aduk-aduk sampai rata dan biarkan sampai kembali mendidih. Selanjutnya masukkan kepingan labu kuning dan ubi jalar, aduk-aduk kembali. Biarkan beberapa ketika sampai labu dan ubi jalar matang.
  2. Selanjutnya masukkan jagung manis, daun bayam dan daun melinjo, aduk-aduk kembali sampai rata. Lanjutkan memasak terus memakai api kecil sampai adonan materi bubur mengental. Masukkan juga daun kemangi aduk-aduk sebentar, angkat dan sajikan ketika masih panas atau hangat.
Nah bubur tinutuan khas Manado sudah berhasil kita buat. Harapan kami bubur yang anda buat sesuai dengan selera anda. Bahan-bahan yang disediakan untuk menciptakan bubur di atas dapat untuk disajikan sebanyak 4 porsi makan. Sebagai simpulan kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan selalu berkreasi.